BOK Puskesmas Ipuh, dan Air Rami Terbesar

ILUSTRASI duit
foto : ist

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress– Tahun ini,pemkab Mukomuko khususnya di jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat mendapatkan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) sebesar Rp 12 miliar dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) yang diperuntukan 17 Puskesmas. Dari total belasan miliar itu,diketahui Puskesmas Ipuh dan Air Rami yang terbesar mendapatkan bantuan tersebut .

“Kemenkes RI mengucurkan BOK pada tahun ini, sama dengan tahun 2018 lalu,”ini disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo SKM, kemarin (26/3).

Menurutnya,belasan Puskesmas di daerah menerima BOK dengan nilai berbeda-beda. Tergantung dengan luas wilayah kerja, jumlah pegawai dan lainnya yang berkaitan dengan beban kerja masing-masing Puskesmas tersebut.“Khusus Puskesmas Ipuh dan Air Rami masing-masing Rp 1 miliar.Sedangkan Puskesmas yang paling sedikit yaitu Puskesmas Bantal, hanya menerima sekitar Rp 400 juta. Belasan Puskesmas lainnya diatas Rp 400 juta dan dibawah Rp 1 miliar,”bebernya. Ia menyampaikan, dana BOK tersebut langsung ditransfer ke rekening Puskesmas masing-masing.



BOK yang diterima Puskesmas diperuntukan membantu pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Termasuk di dalam peraturan juga ditentukan diantaranya untuk Perjalanan Dinas (Perdin) petugas,honor petugas,makan minum dan lainnya.“BOK diperuntukan operasi pelayanan kesehatan di Puskesmas. Tidak dibenarkan belanja barang diluar operasional, seperti rehap gedung dan lainnya,”ungkap Bustam Bustomo.(900)