BNK Diambil Alih Kesbangpol

Ary, Rapat BNK Rejang Lebong (2)
ARY/Bengkulu Ekspress
Wakil Bupati Rejang Lebong saat memimpin rapat koordinasi mengenai kepindahan pengelolan BNK dari Kesra ke Kesbangpol.

CURUP, Bengkulu Ekspress– Pengelolaan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, saat ini berada di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Dimana sebelumnya BNK berada di Bagian Kesejahteraan Rakyat sekretariat Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.

“Mulai saat ini leading sektor untuk BNK beralih dari Kesra ke Kesbangpol,” sampai Ketua BNK Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, H Iqbal Bastari SPd MM usai memimpin rapat dengan pengurus BNK Rejang Lebong┬áProvinsi Bengkulu diruang Wakil Bupati Rejang Lebong, Kamis (24/5) kemarin.

Beralihnya BNK dari Kesra ke Kesbangpol ini sendiri, menurut Wabup tak lain untuk efisiensi dan efektifitas kegiatan. Karena menurut Wabup, saat berada di Kesra, bidang BNK ada 9 bidang kemudian sejak beralih ke BNK nanti tinggal 6 bidang lagi.

“Dari enam bidang ini sebagian besar ada di kepolisian, mulai dari pencegahan, bimbingan masyarakat dan Narkobanya yang dikomandoi langsung oleh Kasat Narkoba,” tambah Wabup.
Dalam kesempatan tersebut, Wabup memestikan tidak ada perbedaan antara di Kesra dengan di Kesbangpol, karena menurut Wabup yang ada hanya penyederhanaan saja.

“Dengan ada di Kesbangpol, maka Kepala Badan Kesbangpol ditunjuk sebagai ketua pelaksanan harian BNK Rejang Lebong Provinsi Bengkulu,” terang Wabup.

Sementara itu ketua pelaksana harian BNK Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, Khaidir, SSos MM mengatakan, langkah pertama yang akan dilakukan setelah BNK pindah ke Kesbangpol yaitu meminta program kerja Satgas-Satgas yang ada di bawah BNK Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. “Yang pertama akan kita lakukan yaitu meminta program kerja dari Satgas-satgas yang ada di bawah kita mulai dari perencanaan dan lainnya,” terang Khaidir.

Kemudian langkah selanjutnya yaitu membuat sekretariat BNK Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, karena dengan adanya sekretariat tersebut BNK Rejang Lebong┬áProvinsi Bengkulu akan memulai kegiatan termasuk untuk tempat koordinasi dari BNNP Bengkulu, karena menurut Khaidir selama BNNP Bengkulu saat akan melakukan kegiatan di Rejang Lebong┬áProvinsi Bengkulu bingung untuk berkoordinasi dimana. “Untuk tahap awal rencananya akan kita buka di kantor Kesbangpol Rejang Lebong Provinsi Bengkulu,” terang Khaidir.(251)