BMKG Pasang 3 Titik Sirine Tsunami di Kota Bengkulu

Foto Hendrik/BE – Kepala BMKG Kepahiang, Litman, ST, M.Ling.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu akan memasang sirine tsunami pada 3 titik di wilayah pesisir dalam Kota Bengkulu. Hal itu dikatakan Kepala BMKG Kepahiang, Litman, ST, M.Ling saat workshop penguatan sub sistem peringatan dini tsunami, Kamis (17/12).

“Selama ini hanya ada 2 sirine tsunami. Titik pertama berada di dekat kantor Kesbangpol Provinsi dan kedua berada di area sport center Pantai Panjang. Hanya saja kedua sirine itu tidak lagi berfungsi,” kata Litman, Kamis (17/12).

Litman mengatakan, sirine yang lama sudah rusak untuk diperbaiki dan suku cadangnya tidak ada lagi dijual dipasaran. Karena usia sirine itu juga sudah cukup lama, yakni sejak tahun 2009 lalu.

Ia menjelaskan, ketiga sirine yang bakal dipasang mengadopsi dari sirine masjid. Dimana berkat inisiatif BMKG, akhirnya menciptakan sendiri sirine tsunami.

“Sirine tsunami yang merupakan kreasi anak muda BMKG, bakal dipasang di 3 titik, diantaranya 2 titik untuk menggantikan sirine tsunami yang sudah tidak lagi berfungsi, dan 1 titik lagi di sekitar kantor PMI Kota Bengkulu,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sirine yang bakal dipasang berbeda dengan sirine tsunami yang lama. Jika sirine yang lama Jangkauannya bisa mencapai 2 KM dan aktivasinya pun bisa melalui satelit. Sementara sirine tsunami kreasi anak muda BMKG ini hanya menggunakan frekuensi radio, yang aktivasinya nanti dipusatkan di BPBD Provinsi. (HBN)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*