BMKG Keluarkan Peringatan Dini Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi

BENGKULU, Bengkuluekspress.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu kembali mengeluarkan peringatan dini hujan yang disertai angin kencang melanda sejumlah wilayah di Bengkulu. Selain itu, BMKG memberikan peringatan potensi gelombang tinggi selama tiga hari kedepan yakni 3-5 Agustus di perairan wilayah Bengkulu.

“Waspada sejumlah wilayah di Bengkulu berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang berdurasi singkat. Serta waspada potensi gelombang laut tinggi di Perairan Bengkulu, Perairan Enggano dan Samudera Hindia Barat Bengkulu,” kata kepala BMKG Provinsi Bengkulu melalui Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Bengkulu Anang Anwar, Selasa (3/8).

Anang menjelaskan, hal itu lantaran terdapat suplai uap air dari wilayah Samudera Hindia ke wilayah Indonesia bagian barat yang signifikan. Sehingga labilitas udara berskata lokal yang cukup kuat dan juga kelembaban udara yang cukup basah di lapisan bawah hingga atas diwilayah Bengkulu, sehingga dapat mendukung proses pertumbuhan awan hujan.

Kondisi ini, sambungnya juga mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah Bengkulu, yang perlu diwaspadai masyarakat dipesisir pantai yang kesehariannya bekerja sebagai nelayan.

“Kalau bisa dengan adanya prediksi gelombang ini, masyarakat yang kesehariannya nelayan, kita minta untuk tidak dulu melaut,” tutupnya. (HBN)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*