BLT DD Tahap IV di Benteng Disalurkan Akhir Bulan

Kepala DPMD Benteng, Drs Tomi Marisi MSi

BENTENG, bengkuluekspress.com – Kabar gembira bagi warga Bengkulu Tengah (Benteng) yang tercatat sebagai penerima bantuan langsung tunai (BLT) dari dana desa (DD). Jika tak ada halangan, BLT tahap IV akan mulai disalurkan pada akhir bulan September 2020.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Benteng, Drs Tomi Marisi MSi mengatakan, penyaluran BLT tahap IV baru bisa dilakukan setelah dokumen anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) perubahan selesai.
“Saat ini, Pemdes sedang sibuk menyelesaikan dokumen APBDes. Sebagian besar sudah di tahap evaluasi masing-masing Pemerintah Kecamatan,” kata Tomi.

Setelah evaluasi Camat selesai, barulah DPMD Benteng mengeluarkan surat rekomendasi pencairan di Bank Bengkulu. Rekomendasi dilakukan sebagai kontrol agar Pemdes memprioritaskan penyaluran dana BLT yang ditujukan kepada warga terkena dampak Covid-19.
“BLT disalurkan 6 tahap. Tahap 1-3 sebesar Rp 600 ribu perbulan dan tahap 4-6 sebesar Rp 300 ribu perbulan,” beber Tomi.

Lebih lanjut, Tomi menerankan, APBDes membuat rencana penggunaan dana di tingkat desa mengalami perubahan. Sebab, penyaluran BLT tahap 4-6 merupakan belanja yang tak terduga.
“Karena ada BLT tahap 4-6, Pemdes harus mengurangi penggunaan anggaran untuk kegiatan lain yang direncanakan sebelumnya. Apakah itu pengurangan volume pembangunan atau menghapus kegiatan pemberdayaan. Opsi penggunaan anggaran sesuai dengan musyawarah tingkat desa,” pungkas Tomi.(135)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*