BLT DD Pagar Jati Rp 500 Ribu/bulan

BLT : Camat dan Kades Pagar Jati secara simbolis menyerahkan dana BLT kepada warga yang terdampak pandemi Covid-19.

PAGAR JATI, Bengkuluekspress.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Pagar Jati, Kecamatan Pagar Jati, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) telah menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa (DD) tahap I tahun 2020.

Setiap penerima BLT hanya mendapatkan bantuan senilai Rp 500.000 perbulan. Hal ini sudah sesuai dengan kesepakatan saat musyawarah desa khusus yang dihadiri oleh Kepala Desa (Kades) beserta perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan tokoh masyarakat, Jumat (15/5)

Selain itu, Pemdes Pagar Jati juga sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan maupun Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) tentang hasil kesepakatan Musdes khusus.

“BLT tahap I sudah disalurkan kepada 125 KK. Penyerahan BLT dilakukan secara simbolis di kantor desa dengan disaksikan langsung oleh Camat, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas. Dana yang tersisa saat ini hanya Rp 1.100.000 dan akan digunakan sebagai cadangan jika nanti ada yang belum terdata,” kata Kades Pagar Jati, Sri.

Sesuai dengan Permendes nomor 06 tahun 2020, aku dia, penerima BLT mendapat bantuan sebesar Rp 600.000 perbulan. Akan tetapi, agar BLT bisa dinikmati oleh seluruh warga yang terkena dampak Covid-19, diputuskan bahwa dana BLT disesuaikan dengan jumlah warga yang layak menerima. Selain dari penerima PKH, BPNT, BST, TNI/Polri dan PNS.

Diketahui, pagu DD Pagar Jati tahun 2020 sebesar Rp 765.471.000. Sesuai dengan aturan, plot BLT khusus DD dibawah Rp 800 juta maksimal hanya 25 persen. Dengan demikian, dana yang tersedia untuk BLT di Desa Pagar Jati sebesar Rp 191.367.075.

“Jika mau diberikan Rp 600 perbulan, BLT hanya mampu mengakomodir 106 KK. Saya juga sudah instruksikan kepada seluruh Kepala Dusun (Kadun) untuk mensosialisasikan hasil Musdes kepada masyarakat,” pungkasnya.(135)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*