BLT DD Harus Tepat Sasaran

ASRI/BE
PANTAU: Komisi A DPRD BS memantau penyaluran BLT DD di Desa Gedung Agung, Pino, Rabu (27/5).

PINO, Bengkuluekspress.com – Banyaknya keluhan warga terkait penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) di Bengkulu Selatan (BS), lantaran banyak yang tidak tepat sasaran, ditanggapi serius DPRD BS. Untuk mengetahui langsung pelaksanaan penyaluran BLT yang bersumber dari Dana Desa (DD) itu, Komisi 1 DPRD BS langsung memantauanya di lapangan.

“Kehadiran kami untuk melihat penyaluran BLT dari DD secara langsung,” kata Ketua Komisi 1 DPRD BS, Ir H Yurdab Nil, saat memantau penyaluran BLT di Desa Gedung Agung, Pino, Rabu (27/5).

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kisruh,Yurdan Nil berpesan agar pemerintahan desa dapat bermusyawarah dengan masyarakat untuk menetapkan warga yang akan mendapatkan BLT. Sehingga dari musyawarah tersebut, akan jelas siapa yang dapat. Sehingga tidak ada kecurigaan dari warga.

“Penerima BLT DD harus jelas sesuai dengan kriteria warga yang tidak mampu, dengan begitu maka penyaluran BLT DD tidak terjadi kisruh,” saran Yurdan Nil.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) BS, Hamdan Syarbaini SSos mengatakan, penyaluran BLT yang bersumber dari DD di BS sudah sesuai. Sebab kriteria penerima sudah jelas, sehingga tidak ada protes dari warga. Dirinya juga meminta masyarakat dapat memantau penyaluran BLT DD, sehingga jika terjadi penyimpangan dapat segera melapor.

“Untuk saat ini penyaluran BLT DD sudah sesuai aturan, namun jika ada penyimpangan, kepada warga saya harap segara laporkan ke kami agar segara kami tindaklanjuti,” ujar Hamdan.

Hamdan menjelaskan BLT DD sebesar Rp 600 ribu per bulan. BLT DD ini disalurkan selama 3 bulan yakni April, Mei dan Juni. Adapun besaran dana untuk BLT dari DD ketentuannnya 30 persen dari DD yang diterima minimal Rp 1 miliar dan 25 persen dari DD yang diterima sebesar Rp 800 juta. “Penerima BLT DD ini yakni warga miskin di desa tersebut yang belum menerima bantuan pemerintah,” tegas Hamdan. (369)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*