BLH Datangkan BPKP

DEND- Kabidang Akuntanbilitas BPKP, Gusmaniar SE saat memberikan materi bimtek kepada oejabat eselon III dan IV BLH Provinsi Bengkulu, kemarin (1)BENGKULU, BE – Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Bengkulu, kemarin (13/2) mendatangkan pihak Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Bengkulu untuk memberikan bimbingan teknis (Bimtek) mengenai tatacara mengelola keuangan. Bimtek ini dilaksanakan di aula pertemuan BLH provinsi yang diikuti oleh 69 peserta yang terdiri dari pejabat eselon III dan IV di lingkungan BLH Provinsi Bengkulu.
Dalam kesempatan itu, Kabid Akuntabilitas BPKP Gusmanizar SE selaku pemateri menyampaikan tata cara pengelolaan yang baik dan benar sesuai dengan prosedur yang berlaku agar tidak terjadi kesalahan yang bisa berdampak tersandung kasus hukum.
“Selama ini kita berkonsultasi secara perorangan ke BPKP, namun kali ini kita sengaja mengundang pihak BPKP untuk memberikan pemahaman mengenai tata cara pengelolaan keuangan, baik APBN maupun APBD,” kata Kepala BLH Provinsi Bengkulu, H Iskandar ZO SH MSi, kemarin.
Menurutnya, langkah tersebut merupakan salah satu upaya untuk mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) yang telah diraih oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu. Karena salah satu item syarat untuk mendapatkan opini WTP adalah tertib administrasi dan pengelolaan keuangan yang benar.
“Kami sangat konsen untuk mempertahankan opini WTP, karena bagi kami sekali WTP tetap WTP.  Dan Bimtek workshop ini merupakan langkah awal agar administrasi dan keuangan dapat dikelola dengan baik,” ujarnya.
Selain itu, lanjutnya,  workshop itu juga bertujuan mewujdukan sistem informasi keuangan yang lebih efektif, efesien, fleksibel dan transparan.  “Mudah-mudahan ini workshop ini kita bisa mewujudkan tertib administrasi pengelolaan keuangan dengan baik, sehingga WTP mampu dipertahankan oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu,” harapnya. (400)