Blanko KTP-el Kurang

ARY/Bengkulu EkspressWarga saat melakukan perekaman KTP-el di Dinas Dukcapil Rejang Lebong. Saat ini ketersedian blangko KTP-el di Dinas Dukcapil Rejang Lebong kembali menipis, sehingga pencetakan hanya bisa dilakukan untuk yang belum sama sekali memiliki KTP-el.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Setelah sebelumnya Dinas Dukcapil Rejang Lebong mendapat tambahan 1.500 keping blangko KTP-el pasca terjadi kekosongan beberapa waktu lalu, saat ini stok blangko KTP-el di Dinas Dukcapil Rejang Lebong sudah habis.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatatn Sipil (Diknas Dukcapil) Rejang Lebong, Drs Muradi melalui Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Mei Susanti Harahap SH MM mengungkapkan, jumlah blangko KTP-el di Dinas Dukcapil Rejang Lebong tak mencapai 300 keping lagi.



“Hingga Sabtu (15/6) kemarin stok blangko KTP-el yang ada di Dinas Dukcapil Rejang Lebong tinggal 221 keping lagi,” sampai Susan saat dikonfirmasi Minggu (16/6) kemarin.

Bahkan menurut Susan, jumlah blangko yang ada tersebut lebih sedikit dari jumlah daftar tunggu pencetakan KTP-el di Dinas Dukcapil Rejang Lebong yaitu sebanyak 264 keping. Namun menurut Susan, terkait dengan pencetakan KTP-el sendiri sesuai dengan intruksi dari Kementerian Dalam Negeri, pencetakan KTP-el hanya dikhususkan untuk masyarakat Rejang Lebong yang belum sama sekali memiliki KTP-el, sehingga menurutnya untuk mereka yang melakukan perbaikan tidak bisa dilakukan pencetakan KTP-el namun diganti dengan Surat Keterangan (Suket).

“Karena keterbatasan blangko, sehingga yang kita lakukan pencetakan hanya untuk yang benar-benar belum memiliki KTP-el, sedangkan untuk yang melakukan perbaikan kita berikan Suket,” terang Susan.

Dijelaskan Susan, pasca terjadinya kekosongan blangko KTP-el pada pertengahan Mei lalu, Dinas Dukcapil Rejang Lebong langsung melakukan pengajuan pengadaan blangko baik ke Dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu maupun ke Kementerian Dalam Negeri langsung.

Dimana dari pengajuan tersebut Dinas Dukcapil Rejang Lebong mendapat tambahan sebanyak 1.500 keping dengan rincian 1.000 keping dari Dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu dan 500 keping dari Kementerian Dalam Negeri. “Meskipun kita mendapat penambahan 1.500 keping, namun saat itu daftar tunggu awalnya 800 orang kemudian menjadi 900 orang, dan setelah dipakai saat ini menyisakan 221 keping lagi,” terang Susan.

Dengan kembali menipisnya stok blangko di Dinas Dukcapil Rejang Lebong tersebut, maka menurut Susan pihaknya dalam waktu dekat ini akan kembali mengusulkan pengadaan blangko ke Dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu. Selain itu, ia juga mengharapkan pengertian masyarakat yang akan melakukan pergantian KTP-el karena berbagai alasan belum bisa dilakukan, karena menurutnya saat ini ketersedian blangko KTP-el yang menipis tersebut bukan hanya terjadi di Rejang Lebong saja namun hingga ke Kemendagri.(251)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*