Blanko e-KTP Ditambah

RIZKY/Bengkulu EkspressPetugas Dukcapil Kabupaten Kaur sedang melayani masyarakat melakukan perekaman e-KTP.

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress– Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kaur menambah blanko e-KTP sebanyak 500 lembar. Jumlah blanko e-KTP dari Kemendagri untuk Bengkulu diperkirakan sebanyak 3.500 lembar, Kabupaten Kaur mendapat jatah 500 lembar. Sebelum ada penambahan, pada Selasa (9/7) lalu jumlah blanko e-KTP hanya tersisa 93 lembar. Karena jumlah masyarakat yang mengurus e-KTP setiap harinya berkisar 50 orang, Dukcapil bergerak cepat menambah blanko e-KTP tersebut.

“Blanko e-KTP ada penambahan sekitar 500 lembar,” jelas Kepala Dukcapil Kabupaten Kaur, Ir Buyung Wiyardi melalui Sekretaris Dukcapil, Januar Apriko.

Jika nanti blanko kembali menipis, Dukcapil akan memprioritaskan masyarakat yang sakit, hendak mengurus haji, melanjutkan pendidikan dan urusan pekerjaan untuk membuat e-KTP. “Jika ke depan blanko menipis kita prioritaskan yang benar-benar membutuhkan KTP seperti melanjutkan pendidikan, urusan pekerjaan dan lainnya,” imbuh Apriko.

Masyarakat yang mengurus Kartu Identitas Anak (KIA) juga meningkat 100 persen sampai awal bulan Juli. Setiap hari setidaknya ada sekitar 50 sampai 60 orang mengurus KIA. Meningkatnya masyarakat mengurus KIA karena saat ini setiap sekolah mewajibkan calon siswanya memiliki KIA.

Beberapa waktu lalu Dukcapil Kabupaten Kaur sudah menyiapkan sebanyak 5000 blanko KIA. Saat ini blanko tersebut hanya tersisa sekitar 2700 blanko. Mengantisipasi blanko kosong, Dukcapil Kabupaten Kaur akan mengajukan penambahan blanko bulan Agustus nanti. Blanko yang diajukan sebanyak 6000 lembar. “Masyarakat yang mengurus KIA meningkat, blanko KIA yang tersedia saat ini sekitar 2700 lagi. Bulan Agustus kita usulkan penambahan 6000 blanko,” pungkas Apriko.(167)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*