BKPSDM Sosialisasikan Layanan Taspen

APRIZAL/Bengkulu Ekspress
BKPSDM Bengkulu Utara menggelar Sosialisasi Program dan Manfaat Layanan PT Taspen kepada ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, di Aula SD Model, kemarin (22/1).

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Badan Kepegawaian dan Pelatihan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bengkulu Utara bekerjasama dengan PT. Taspen dan Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) mensosialisasikan program dan manfaat layanan PT. Taspen kepada ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara ksbertempat di Aula SD Model Bengkulu Utara, kemarin (22/1).

Sosialisasi ini dibuka oleh Bupati BU Ir H Mian yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Drs Kiman Nazardi. Ikut hadir dalam sosialisasi ini Sekretaris BKPSDM Bengkulu Utara, Milono, Perwakilan PT. Taspen (Persero) Cabang Bengkulu Kepala Cabang Bank Mantap dan sejumlah pimpinan SKPD di lingkup Pemkab Bengkulu Utara.

Kiman Nazardi dalam sambutannya menyampaikan, keberadaan PT. Taspen merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan aparatur sipil negara.

Di samping mengelola jaminan hari tua, tabungan pensiun dan pengembalian tabungan perumahan, PT. Taspen (persero) telah diberikan kepercayaan untuk mengurus perlindungan sosial berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) kepada abdi negara dalam rangka peningkatan profesional dan kinerja Aparatur Sipil Negara.

“Saya berharap PT. Taspen (persero) Kantor Cabang Bengkulu dan Bank Mantap dapat membangun kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara dalam upaya membangun peningkatan kualitas pelayanan ketaspenan di Kabupaten Bengkulu Utara, Kerjasama yang konstruktif diharapkan dapat berperan dalam upaya mempermudah pelayanan Taspen bagi ASN di Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara.

Dengan demikian para ASN khususnya yang akan memasuki masa pensiun tidak lagi mengalami kesulitan dalam mengurus hak-haknya di PT. Taspen,” harapnya. Sementara itu, Sekretaris BKPSDM Bengkulu Utara Milono, menyampaikan sosialisasi ini intinya tentang ketaspenan bagi ASN yang mendekati pensiun.

“Hari ini kita memfasislitasi PT Taspen dan Bank Mantap untuk meberikan pemahaman kepada ASN tentang ketaspenan yang akan memasuki masa pensiun,” terangnya.

Milono menambahkan, untuk data pensiun untuk di Bengkulu Utara pertahunnya diperkirakan mencapai 100 ASN. “Seperti tahun kemaren ada 183 ASN yang pensiun dan ditahun berikutnya ada 125 orang, artinya berkisaran 100 orang untuk pensiun setiap tahunnya,” ungakapnya.

Lebih lanjut Milono menyampaikan bahwa untuk ada 250 ASN yang mendekati pensiun untuk tiga tahun ke depan yang diundang sebagai peserta dalam sosialisasi ini. “Sebanyak 250 ASN yang mendekati masa pensiun kurang lebih tiga tahun menjadi peserta dalam sosialisasi ini,” terangnya.

Milono mengharapkan ASN yang mendekati masa pensiun agar mengerti hak-hak nya setelah pensiun, baik dari program pensiun, program Tunjangan Hari Tua, program Jaminan kecelakaan kerja, Jaminan kematian.(127)