BKD Tawarkan Bekas Kantor Dinkes ke Bawaslu

Bakti/Bengkulu Ekspress
Eks kantor Dinkes Benteng ini ditawarkan untuk dipinjampakaikan kepada Bawaslu Kabupaten Bengkulu tengah, Selasa (23/1).

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress – Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) memberikan tawaran pinjam pakai gedung kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bengkulu tengah. Salah satu gedung yang dianggap layak ialah bekas (eks) kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkulu tengah yang berlokasi di Desa Nakau, Kecamatan Talang Empat.

“Gedung eks kantor Dinkes Benteng dimanfaatkan sebagai kantor Bawaslu Bengkulu tengah,” ungkap Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKD Kabupaten Bengkulu tengah, Welldo Kurniyanto SE MM, melalui Kabid Aset, Henry Bella, Rabu (23/1).

Secara keseluruhan, kata Henry, gedung eks kantor Dinkes Bengkulu tengah dinilai masih layak untuk dimanfaatkan. Bahkan, gedung tersebut sudah beberapa kali digunakan oleh beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemda Bengkulu tengah. Termasuk, DP3APKKB Kabupaten Bengkulu tengah. Dari hasil penelusuran, Henry memaparkan, memang terdapat sedikit kerusakan pada sejumlah bagian. Diantaranya, dinding yang retak serta kusen dan pintu yang sudah mengalami pengeroposan.

Insert Foto Kabid Aset : Henry Bella

“Akses jalan untuk menuju gedung eks kantor Dinkes Bengkulu tengah tergolong layak dan memadai, yakni sudah dilakukan pengaspalan (Lapen,red),” paparnya.

Sebelum meminjamkan gedung, Henry mengimbau kepada Bawaslu Kabupaten BengkuluĀ  tengah bsegera mengajukan sepucuk surat permohonan pinjam pakai aset Pemda Bengkulu tengah. Usulan secara resmi itulah yang nantinya akan menjadi dasar bagi Pemda Bengkulu tengah memberikan pinjam pakai. Terlebih lagi ketika mengadapi pemeriksaan rutin yang dilakukan oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Bengkulu.

“Setelah ada surat resmi, kami akan menindaklanjutinya dengan mengeluarkan surat balasan berupa berita acara pinjam pakai gedung. Dalam surat tersebut, nanti akan disebutkan bahwa pemeliharaan aset menjadi tanggung jawab penuh Bawaslu,” tandas Henry.

Terpisah, Ketua Bawaslu Kabupaten Benteng, Asmara Wijaya ST MAP belum menentukan sikap. Hanya saja, Asmara mengaku bahwa Bupati Bengkulu tengah, Dr H Ferry Ramli SH MH sudah memberikan lampu hijau kepada Bawaslu Bengkulu tengah untuk memberikan pinjaman aset.

“Beberapa waktu yang lalu, Bupati berkunjung ke kantor Bawaslu Bengkulu tengah dan mengaku akan meminjamkan gedung. Sehingga, kami bisa pindah dan tak lagi mengontrak rumah milik warga,” tandas Asmara.(135)