BKD Lebong Layangkan Surat Pemberitahuan Realisasi PBB P2 ke Desa dan Kelurahan


ERICK/BE
SERAHKAN: Bidang Pendapatan BKD Lebong ketika menyerahkan DHKP PBBP2 kepada pihak kecamatan untuk disalurkan kepada masing-masing OP.

LEBONG, bengkuluekspress.com – Dalam waktu dekat, Bidang Pendapatan Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Lebong akan mengirimkan surat pemberitahuan kepada seluruh desa dan keluarahan, terkait pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan sektor Perkotaan dan Perdesaan (PBBP2).
Kepala Bidang (Kabid) Pendapatan BKD Lebong, Rudi Hartono SE MAk mengatakan, bahwa pihaknya telah membagikan Daftar Himpunan Ketetapan Pajak (DHKP) PBBP2 kepada masing-masing desa dan kelurahan pertengahan bulan Juni yang lalu.
“Saat ini sudah 3 bulan berjalan untuk dilakukannya penagihan,” jelasnya, Senin (21/09).

Menurutnya, dari data terakhir baru mencapai sekitar 10 desa atau kelurahan yang melakukan pembayaran PPBP2. Sementara sisanya masih sekitar 30 hingga 55 persen pembayaran.
“Bahkan masih puluhan desa yang memang benar-benar 0 persen realisasinya,” ucapanya.

Untuk itulah, sambungnya, bagi desa dan kelurahan yang saat ini realiasi pembayaran PBBP2 belum 100 persen, pihaknya akan melayangkan surat pemberitahuan pertama untuk kembali melakukan pemungutan terhadap Objek Pajak (OP) di wilayah mereka masing-masing.
“Jika tidak ada halangan, dalam waktu dekat ini akan kita sampaikan surat pemberitahuan pertama,” ujarnya.

Nanti jika surat pemberitahuan pertama, tidak digubris maka pihaknya kembali akan melayangkan surat pemberitahuan ke-2 sebagai surat penegasan. Namun jika di surat pemberitahuan ke-2 juga tidak di gubris, maka di surat pemberitahuan ke-3 akan langsung dilakukan uji publik, untuk mengetahui kenapa realisasi PBBP2 belum dilaporkan.
“Terutama desa atau kelurahan yang masih 0 persen, akan kita ketahui nantinya kendala kenapa realiasi PBBP2 terhambat,” ucapnya.

Untuk tahun 2020 ini, OP yang tercatat ada sebanyak sebanyak 31.347 dengan target menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Lebong dari sektor pajak PBBP2 tahun 2020 ini sebesar Rp 1,44 miliar lebih.
“Itu dapat tercapai jika seluruh OP melakukan pembayaran,” tutupnya.(614)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*