BJB 2019 Tetap Lanjut

foto: Endy Yurizal

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Program Bintang Jemput Bintang (BJB) yang digagas oleh Pemkab Kaur, delapan tahun yang lalu. Dipastikan akan tetap berlanjut tahun 2019 ini. Sebab Pemkab Kaur dipastikan kembali akan mengirim dua putra putri terbaik ke luar negeri. Kepastian ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kaur, Endy Yurizal SP kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (14/1).

“Untuk tahun ini kita kembali akan mengirimkan dua siswa terbaik kita ke Jerman. Tahapannya sama dengan tahun lalu, dan kini kita sudah mulai membuka pendaftaran BJB ini,” kata Endy.

Dijelaskan Endy, program BJB yang merupakan tahun ke delapan yang digagas semenjak Bupati Hermen Malik lalu, untuk tahun 2019 ini BJB tetap akan ke Jerman. Sebab sebelumnya, Bupati Kaur Gusril Fauzi S Sos Kaur telah melakukan MoU dengan pihak Universitas Jerman untuk tahun beberapa tahun kedepan. Dengan MoU ini tentu saja Pemda Kaur akan kembali mengirim dua siswa berprestasi untuk kuliah di Jerman.

“Pilihan kita tetap Jerman, dan bapak Bupati sudah melakukan MoU. Jumlah siswa yang akan dikirim ini tetap seperti tahun lalu, yakni dua orang luar negeri dan dalam negeri lima orang,” terangnya

Lanjutnya, untuk menentukan siapa saja yang bakal berangkat mendapatkan beasiswa gratis ke ke luar negeri maupun dalam negeri ini, tentunya harus berkompetesi dengan melalui testing. Dimanna saat ini jadwal pelaksanaan penerimaan pendaftaran BJB ini mulai dilaksanakan dan akan berakhir 21 Januari 2019.

Untuk tes ini nanti akan meliputi tes verbal, kuantitatif dan penalaran.Kemudian tes bahasa inggris, matematika, fisika dan kimia. Selanjutnya dijalani para peserta yakni tes wawanca dari tim penguji. “Untuk seleksi berkas sudah kita mulai dan berakhir tanggal 21, dan bagi siswa yang berminat ikuti BJB ini silahkan daftar ke kantor Dispendik langsung,” ujarnya.

Ditambahkannya, saat ini empat diantaranya siswa yang pernah dikirim ke luar negeri saat ini sudah selesai menamatkan kuliah dan sudah bekerja. Harapan kedepannya para siswa-siswa ini nantinya menyumbangkan pengetahuan dan ilmu yang di dapatnya kepada Kabupaten Kaur.

Para putra putri terbaik kaur itu, saat ini sudah bekerja di Jakarta dan sudah mendapatkan penghasilan tetap di perusahaan ternama di ibu kota. “Adik adik tingkatnya yang saat ini masih menjalani kuliah di luar negeri, juga kita harapkan demikian, dengan banyaknya orang-orang jenius dan pintar di Kaur ini tentunya membawa dampak yang positif di masa mendatang,” tutupnya.(618)