Bimtek Email Sanapati

ASRI/Bengkulu Ekspress BUKA: Asisten 1 Bupati membuka sosialisasi dan bimtek yang digelar dinas Kominfo Bengkulu Ekspress di gedung reptaloka secretariat Pemda Bengkulu Ekspress , Selasa (18/6).

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress– Dinas Komunikasi dan Informasi Bengkulu Selatan (BS) terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan secara internet. Salah satu upaya dengan berupaya untuk pengamanan informasi pada jaringan internet. “ Upaya peningkatan pengamanan informasi ini, kami akan menerapkan email sanapati,” kata Kepala Dinas Kominfo Bengkulu Ekspress, Ir Toni Gusnaidi melalui kasi Persandian, Effi Sasmita SE disela-sela acara sosialisasi di gedung reptaloka sekretariat Pemda Bengkulu Ekspress, Selasa (18/6).

Effi mengatakan, email sanapati ini merupakan satu cara penerapan pengamanan informasi. Bahkan sudah dikembangkan oleg lembaga sandi Negara. Jaringan Komunikasi Sandi (JKS) sanapati merupakan jaringan tertutup secure closed email dengan proteksi terhadap Malware, spam, email bombing dan sebagainya. Email sanapati ini adalah email khusus dengan user tertentu, dengan enskripsi yang lebih kompleks. Sehingga mempunyai tingkat keamanan yang lebih tinggi

“ Email sanapati ini sangat berperan penting dalam mendukung penyelenggaraan pemerintah, sebab sangat terjamin keamanannya,” imbuhnya.

Bahkan email sanapati ini, sudah digunakan mulai dari jajaran pemerintah pusat, BUMN, TNI, juga pemerintah daerah provinsi serta Kabupaten/kota. Sehingga dengan adanya acara sosialisasi dan pelatihan tersebut, dengan mendatangkan pemateri dari badan siber dan sandi Negara (BSSN) Jakarta yakni Sandy Rahman Zawaaid dan kartika Putri diharapkan dapat meningkatkan peran dan fungsi persandian dalam pemerintahan Bengkulu Ekspress  dan Peningkatan Kompetensi ASN yang memegang akun email sanapati.“ Dengan acara sosialisasi ini, agar informasi rahasia pemerintah tetap terjaga,”bebernya.



Dirinya mencontohkan saat ini sudah dimulainya penerapan tanda tangan elektronik (Digital Signature) dalam system pemerintahan. Sehingga para pengelola email sanapati lebih menyadari akan pentingnya pengamanan informasi dan dapat memanfaatkan email sanapati dalam rangka mendukung tugas dan fungsi di instansi masing-masing,” terangnya.

Asisten 1 Bupati, Yunizar Hasan SH MAP sangat mendukung adanya pelatihan email sanapati ini. Sehingga diharapkan kinerja pemerintah dapat berjalan lancar. Dirinya berharap, setelah pelatihan tersebut, semua petugas administrator yang membidangi kesekretariatan dan operator yang mengelolah email sanapati bisa bekerja lebih maksimal lagi. “ Semoga dengan pelatihan ini, pelayanan informasi menggunakan jaringan internet di Bengkulu Ekspress lebih maksimal lagi,” harap Yunizar Hasan. (369)