BID Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Sekda H Nandar Munadi S Sos

BINTUHAN,Bengkulu Ekspress– Kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) diharapkan akan semakin memotivasi desa untuk mengoptimalkan potensi desa. Sekaligus menumbuhkan semangat dalam membangun desa guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas. Hal ini disampaikan Sekda H Nandar Munadi S Sos Msi saat membuka BID Kabupaten Kaur 2018 di Gedung Serba Guna (GSG) Pemda Kaur, Senin (8/10).

“Program Inovasi Desa merupakan inovasi dalam praktik pembangunan dan pertukaran pengetahuan, yang dipetik dari hasil kerja desa-desa dalam melaksanakan kegiatan pembangunan, sehingga kesehteraan masyarakat meningkat,” kata Sekda dalam sambutannya, kemarin (8/10).

Dikatakan Sekda, pemerintah selama ini terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masayarkat salah satunya dengan program Dana Desa (DD), hingga saat ini banyak desa yang belum mampu mengelola dana desa dengan optimal untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat desa, kemampuan yang belum memadai itulah dana desa yang jumlahnya besar habis tanpa menghasilkan kemajuan yang berarti.

Untuk itu melalui BID ini kedepan bisa meningkatkan kualitas penguna dana desa melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desayang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa.

“Saya minta setiap desa memiliki produk ungulan apapun bentuknya, sehingga kedepan masyarakat desa akan bisa lebih maju dan sejahtera,” harapnya.

Ditambahkan Sekda, BID ini merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa husunya di Kabupaten kaur. Juga melalui bursa inovasi desa dapat menjebatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah serta inisatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka pengunaan DD yang lebih efektif dan Inovatif.



“Saya mengajak semua pihak khususnya Kades agar bersatu bekerjasama untuk membangun desa yang kita cintai, demi kemajuan Kaur,” ajaknya.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu yang diwakili oleh Kabid Bina Pemerintahan Desa PMD Priovinsi Bengkulu Elprelo mengatakan, BID bertujuan mendiseminasikan informasi pokok Desa. Dimana dalam pengunaan DD seluruh Kades untuk mengutamakan potensi yang bisa mengagkat nilai positif seperti dengan melakukan penilayan dan pengembangan potensi yang ada di desa seperti pengembangan produk ungulan demi meningkatkan kesejahtraan masyarakat desa.

“Melalui BID ini diharapkan desa mampu menggali potensi yang sumber daya desa yang dikelola dengan profesional sehingga bisa mewujudkan desa mandiri tanpa harus terpaku pada bantuan pemerintah saja,” harapnya.(618)