Bibit Sapi Diplot Rp 450 Juta

Sapi Bali
Sapi Bali

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress– Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Bengkulu Utara (BU) akan memberikan bantuan sapi Bali kepada Kelompok Tani (Poktan). Anggaran yang telah dipersiapkan yakni sebesar Rp 450 juta dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018 ini.

‘’Dana yang kita siapkan Rp 450 juta. Bantuan sapi ini untuk kelompok tani yang sebelumnya sudah mengusulkan proposal ke kita,’’ ujar Kepala DTPHP Bengkulu Utara, Darlis SP dikonfirmasi, kemarin (14/1).

Ia menambahkan, proposal usulan bantuan dari Poktan akan diseleksi terlebih dahulu. Kemudian, pihaknya akan melakukan survei ke lapangan mengenai keberadaan Poktan serta lahan yang dipersiapkan untuk pemeliharaan sapi tersebut. Jika memenuhi syarat, maka bantuan akan diberikan.

‘’Kita cek dulu. Kalau memang memenuhi syarat, baru bantuan kita berikan. Kita tidak ingin bantuan yang diberikan malah disalahgunakan,’’ ungkap Darlis.

Ia juga menyampaikan, dari anggaran yang telah disediakan dialokasikan untuk pembelian sebanyak 40 ekor sapi bali. Tujuan diberikan bantuan itu agar dapat dikembangbiakkan, sehingga ketersediaan daging dan kestabilan harga terjaga.

‘’Sapi ini harus dikembangbiakkan. Jadi, petugas kita akan selalu memantau setiap kelompok yang menerima bantuan, supaya bantuan itu tidak disalahgunakan,’’ terangnya.

Dalam tahun ini, DTPHP Bengkulu Utara mendapatkan DAK Fisik lebih dari Rp 3 miliar. Anggaran itu akan digunakan untuk pembangunan dan perbaikan irigasi, dam parit dan peningkatan sarana pertanian. Selanjutnya, untuk pembangunan 3 gedung baru, yakni gedung Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) dan 2 kantor Balai Penyeluh Pertanian Kecamatan (PPK). Kemudian, pengadaan buah-buahan serta beberapa kegiatan lain.

‘’Kita targetkan di bulan Februari ini kegiatan sudah jalan. Kemudian, pada bulan April nanti bantuan bibit itu sudah dibagikan dan pekerjaan fisik mulai dilaksanakan,’’ pungkasnya.(816)