BI Layani Penukaran Uang Tak Layak Edar

TUKAR: Warga saat melakukan penukaran uang baru di Kas Keliling BI di Kota Bintuhan, Selasa (25/2).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Mobil kas keliling Bank Indonesia (BI) mulai selasa (25/2) memberikan pelayanan penukaran uang rusak dan lusuh yang tidak layak edar di masyarakat.

Hal ini agar uang yang beredar di masyarakat masih dalam kondisi baik. Kehadiran mobil kas keliling warna biru itu menjadi perhatian warga yang seketika berduyun-duyun mendatangi mobil BI tersebut.

“Kegiatan penukaran uang ini digelar sampai tiga hari. Ada beberapa juta uang yang kita bawa ke Kaur untuk melayani warga menukar uang ini,” kata Asisten Manager BI Provinsi Bengkulu, Rama kepada BE, selasa (25/2).

Dikatakannya, pelayanan ini bertujuan untuk memudahkan warga Kaur yang ingin menukarkan atau mengganti uang yang rusak, sehingga masyarakat tak perlu datang ke bank lagi.

Masyarakat Kaur cukup mendatangi mobil kas keliling BI, warga dapat menukar uang dengan pecahan Rp 1 ribu, 2 ribu, 20 ribu, Rp 10 ribu, dan Rp 5 ribu. BI juga menyediakan penukaran uang receh bagi pemilik warung manisan yang membutuhkan pecahan Rp 500.

“Kami ini keliling dari pasar ke pasar yang ada di Kaur ini. Untuk sasarannya masyarakat yang ingin menukar uang kecil dan menukar yang sudah rusak. Bagi masyarakat yang ingin memiliki uang baru bisa tukar langsung ke mobil kas keliling BI,” terangnya.

Sementara itu, Lidia (44) warga Kecamatan Kaur Selatan yang datang ke mobil kas keliling untuk menukarkan uang. Ia merasa sangat terbantu dengan adanya pelayanan penukaran uang oleh petugas BI itu.

Sehingga ia tidak perlu repot lagi untuk pergi ke bank hanya untuk menukarkan uang baru. “Saya merasa senang dan kalau bisa kas keliling ini bisa sebulan sekali datang ke Kaur ini,” tandasnya. (618)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*