BI Integrasikan Petani Kopi, Peternak Sapi dan Gula Aren

JOS HENDRI/Bengkulu Ekspress :
Penandatangan nota kesepahaman pengembangan daerah pertanian terintegrasi digelar Bank Indonesia (BI) bersama dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu dan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong di Aula Gedung Badan Diklat Rejang Lebong.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Bengkulu akan integrasikan kelompok tani komoditas kopi, sapi dan gula aren semut yang berada di Kabupaten Rejang Lebong, Curup, Provinsi Bengkulu Untuk dijadikan sebagai binaan percontohan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Perwakilan BI Provinsi Bengkulu Endang Kurnia Saputra, guna mengoptimalkan potensi sektor pertanian, seperti kopi, peternakan dan sektor unggulan lainnya di Provinsi Bengkulu. “Dalam 3 tahun kedepannya semua binaan ini, mulai dari petani kopi, sapi, dan gula aren semut akan menjadi binaan percontohan nanti, jadi sekarang kita buat pembuktian dulu,” katanya.

Jika ini berhasil akan banyak sekali petani yang akan mengikuti program ini, contohnya seperti para petani kopi yang akan dilakukan pembinaan untuk akan diajari agar di panen atau petik merah.  Sementara Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, mengatakan Bengkulu memiliki potensi besar di bidang pertanian. Luas lahan, lanjut Rohidin, serta iklim Bengkulu sangat mendukung.

“Saya berharap, ke depan bagaimana membina petani agar produktifitasnya naik, pengelolaan pasca panennya bagus, serta pengelolaan pemasarannya berkembang,” ujar Plt Gubernur yang juga lulusan terbaik Program Magister Manaemen Agribisnis IPB ini, saat sambutan.

Rohidin juga mengucapkan terima kasih pada Bank Indonesia perwakilan Bengkulu, telah ikut membina masyarakat Bengkulu untuk maju, tumbuh dan berkembang dalam semua sektor dengan potensi alam yang dimiliki. “Terimakasih pak Endang (Bank Indonesia, red), saya berharap betul dinas provinsi turun ke bawah, turun ke dinas kabupaten/kota melakukan pembinaan dan fasilitasi,” tambah Rohidin.

Iya juga berharap, dinas kabupaten/kota juga turun langsung ke petani-petani melakukan pemdampingan dan pembinaan, “mudah-mudahan apa yang kita lakukan memberikan dampak yang bagus terhadap Provinsi Bengkulu,” pungkas Rohidin.

Ada enam kelompok pertanian yang akan Akan Bank Indonesia lakukan pembinaan yakni kelompok tani, Sari aren (gula semut). Bukit kaba mandiri (sapi potong+sapi perah). Paksi jaya (kopi). Utama Tani (kopi). Bima saktal (kopi) Putra Tani I (kopi).

BI Resmikan BI Corner di IAIN Curup.

Sebagai upaya upaya BI dalam memperkuat pemahaman masyarakat terkait keberadaan dan peran BI, melalui penyediaan koleksi buku berkualitas di masyarakat, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Bengkulu juga meresmikan perpustakaan Bank Indonesia atau BI Corner di Institud Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

Selain meresmikan perpustakaan BI Corner, BI juga menggelar Bank Indonesia mengajar yang diisi langsung oleh Kepala Perwakilan BI Bengkulu, Endang Kurnia Saputra dan Analis Bank Indonesia Bengkulu, Dhony Iwan K. dalam program BI mengajar yang berlangsung kemarin dengan peserta para mahasiswa dan mahasiswi beserta dosen dan staf dari IAIN Curup ini.



Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Endang Kurnia Saputra melalui Analis BI, Dhony Iwan K menyampaikan, bantuan BI Corner Bank Indonesia Bengkulu di IAIN Curup berupa Bookshelf, Reception desk+ frame tv, Barstool, Sofa 2 seater, Carpet, Standing Lamp, Pot plant + tanaman hias, Computer, LED TV dan 291 koleksi buku, terang Dhony Iwan K, Kamis. (20/9).

Sementara Wakil Rektor I IAIN Curup, Hendra Harmi, MPd mengucapkan terima kasihnya kepada BI Bengkulu atas dedikasinya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dari IAIN Curup. Bukan hanya itu saja bantuan dari BI, BI juga buatkan IAIN Curup galeri invetasi terkait invetasi saham dipasar modal. (Cik7)