BI Harapkan Pertumbuhan Ekonomi Bengkulu Meningkat

FOTO RIZKA/BE – Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bengkulu, Joni Marsius berfoto bersama UMKM Bengkulu.

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu kembali menggelar acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2019. Agenda rutin tahunan BI ini berlangsung di Grage Hotel Horizon, Kamis (4/12/19) dengan mengangkat tema Sinergi Transformasi dan Inovasi Menuju Indonesia Maju. Pertemuan ini, dihadiri oleh Wakil Gubernur Bengkulu, Dedy Ermansyah dan pemimpin perbankan serta para tamu undangan.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Bengkulu, Joni Marsius, mengatakan, pertemuan tahunan yang dilakukan oleh Bank Indonesia ini memberikan sinyal mengenai yang akan dilakukan oleh otoritas moneter di tahun 2020.

“Jadi kita selalu menyesuaikan dengan tema yang dibawa oleh pemerintah, yakni Indonesia Maju. Kedepannya kita harus saling bahu-membahu bersinergi dengan memulai pemerintahan yang baru, mencari sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru dengan inovasi yang baru,” jelas Joni Marsius.

Ekonomi global sepanjang tahun 2019 ini semakin tidak ramah, perang dagang meluas, mencirikan turunnya globalisasi. Pertumbuhan ekonomi dunia menurun dratis di tahun ini dan mungkin belum pulih pada tahun 2020. Perang dagang sendiri berdampak buruk bagi ekonomi di banyak negara, tidak hanya di Amerika Serikat dan Tiongkok. Untuk menghadapi menurunnya globalisasi ini, sinergi, transformasi dan inovasi merupakan tiga kata kunci untuk memperkuat ketahanan dan pertumbuhan menuju Indonesia Maju.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Bengkulu, Dedy Ermansyah, mengatakan, Provinsi Bengkulu sendiri harus berkontribusi lebih besar agar Indonesia Maju. Bengkulu perlu tumbuh lebih tinggi, berkualitas dan inklusif. Tentunya hal ini diperlukan sinergi, karena pemerintah tidak dapat bekerja sendiri.

“Pertemuan ini merupakan sinyal kedepannya kita harus bersinergi, harus bersama membangun dan melakukan hal yang lebih baik dan memperbaiki pola lama ke pola baru. Ini merupakan kepentingan dan mencerna yang sudah disampaikan,” ujar Dedt Ermansyah.

Bersamaan dengan kegiatan ini juga, Bank Indonesia memberikan sertifikat halal bagi UMKM Bengkulu. Selain itu, Joni Marsius juga berharap kedepannya BI dapat menemukan sumber pertumbuhan ekonomi baru serta dapat terus menjaga inflasi.

“Mudah-mudahan kita tetap bisa menjaga inflasi kita, sebagaimana kita menjaga ditahun ini dan tahun depan, menemukan sumber pertumbuhan ekonomi baru dan akan tumbuh diatas nasional. Inflasi yang kita harapan tahun depan 3% plus minus 1,” tutup Joni Marsius.(Kkj)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*