BI Gandeng TNI AL Edarkan Rupiah ke Kepulauan 3T

JOS HENDRI / Bengkulu Ekspress : CINDERAMATA : Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Bengkulu, Endang Kurnia Saputra menyerahkan cinderamata kepada Komandan KRI KURAU - 856, Mayor Laut (P) Avissema Herlambang saat penyambutan Tim Ekspedisi Layanan Kas Keliling BI ke Wilayah 3T, Kamis (10/5).
JOS HENDRI / Bengkulu Ekspress : CINDERAMATA : Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Bengkulu, Endang Kurnia Saputra menyerahkan cinderamata kepada Komandan KRI KURAU – 856, Mayor Laut (P) Avissema Herlambang saat penyambutan Tim Ekspedisi Layanan Kas Keliling BI ke Wilayah 3T, Kamis (10/5).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Guna meningkatkan jangkauan distribusi uang dan layanan kas keliling ke wilayah terdepan, terluar, tertinggal (3T), Bank Indonesia (BI) menjalin kerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL).

“Ini adalah ekspedisi BI bekerjasama dengan TNI AL untuk melakukan pelayanan pengedaran uang ke pulau -pulau terluar, terdepan, terpencil,” jelas Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Bengkulu, Endang Kurnia Saputra usai menggelar penyambutan tim ekspedisi di Pelabuhan Pulau Baai, Kamis, (10/5/2017).

Endang mengaku pentingnya kerjasama antara BI dengan TNI AL untuk melakukan pelayanan peredaran uang rupiah ke pulau terluar ini, sama halnya seperti dua sisi mata uang dalam 1 koin yang sama. Ini menyangkut ketahan nasional dan juga masalah ekonomi.

“Jadi, keduanya tidak bisa dipisahkan,” imbuhnya. Belajar dari kejadian sebelumnya, ada pulau -pulau terluar yang dimiliki oleh Indonesai bisa lepas dari pangkuan Ibu Pertiwi akibat rupiah tidak beredar di sana, maka BI menggencarkan pengedaran uang rupiah tersebut.

“Di Sumatera sendiri alhamdulilah aman, karena memang kita aktif bekerjasama dengan TNI untuk mengedarkan rupiah. Inilah yang membuat kita untuk terus melakukan edukasi kepada masyarakat khususnya yang berada di kepulau terluar yang kita miliki,” terangnya.

Ekspedisi layanan kas keliling Bank Indonesia ini juga merupakan kerjasama Direktorat Pengedaran Uang Jakarta, Bank Indonesia dengan Kantor Bank Indonesia di Sibolga, Sumatera Barat dan Bengkulu.

Ekspedisi pelayanan pengedaran uang rupiah Kerjasama BI dan TNI AL sendiri menggunakan KRI KURAU – 856 di mulai dari tanggal 2 Mei dari Provinsi Sumatera Barat (Padang) dengan mendatangi tujuh pulau terluar yang ada di 2 Provinsi 1 Kota yakni Pulau Tello Kepulauan Nias, Tanah Masa Kepulauan Nias, Maileppet Kepulauan Mentawai, Sioban Kepulauan Mentawai, Sikabaluan Kepulauan Mentawai, Sikakap Kepulauan Mentawai, Enggano Provinsi Bengkulu, dan berakhir 10 Mei 2018 kemarin yang disambut langsung oleh Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Bengkulu, Endang Kurnia Saputra, serta Danlanal Bengkulu, Letkol Laut (P) Agus Izudin, di Pelabuhan Pulau Baai Provinsi Bengkulu. (Cik7)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*