BI Corner Hadir Di Unived

JOS/Bengkulu Ekspress Kepala Perwakilan BI Bengkulu Endang Kurnia Saputra berfoto bersama Ketua Yayasan Dehasen, Dr Bando Amin C Kader dan Rektor Universitas Dehasen Bengkulu, Prof Dr Agr Ir Johan Setianto dan jajarannya pada peresmian BI Corner di Universitas Dehasen, kemarin (24/11).
JOS/Bengkulu Ekspress Kepala Perwakilan BI Bengkulu Endang Kurnia Saputra berfoto bersama Ketua Yayasan Dehasen, Dr Bando Amin C Kader dan Rektor Universitas Dehasen Bengkulu, Prof Dr Agr Ir Johan Setianto dan jajarannya pada peresmian BI Corner di Universitas Dehasen, kemarin (24/11).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Setelah meresmikan Bank Indonesia (BI) Corner di Universitas Hazairin (Unihaz) Bengkulu, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Bengkulu kembali menghadirkan dan meresmikan BI Corner di Universitas Dehasen (Unived) Bengkulu. BI Corner didirikan bertujuan menunjukkan tingkat kepedulian yang tinggi bagi generasi penerus bangsa agar memiliki wawasan yang luas dan cerdas.

Kepala Perwakilan BI Bengkulu Endang Kurnia Saputra mengatakan, upaya membudayakan gemar membaca melalui BI Corner ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Hal ini dinilai sebagai bantuan yang sudah semestinya diberikan untuk menciptakan generasi penerus yang hobi membaca agar dapat menambah pengetahuan dan wawasan yang lebih luas.

“Bantuan ini hanya ibarat sebutir pasir di laut, tak ada apa-apanya. Sebab sudah kewajiban kami untuk ikut peduli pada masa depan bangsa dengan membina generasi penerus bangsa yang gemar membaca,” ujar Endang pada peresmian BI Corner di Universitas Dehasen Bengkulu, kemarin (24/11).

Manfaat BI corner mampu melengkapi buku referensi bacaan yang sebelumnya tidak ada dan sulit ditemukan, baik buku-buku keluaran lama maupun keluaran terbaru yang cukup sulit dicari.

“BI Corner dilengkapi dengan buku-buku lama atau buku-buku yang sulit ditemukan, seperti buku sistem keuangan islam yang juga salah satu buku terbaik di dunia,” ungkap Endang.

Dengan adanya berbagai macam buku dan sumber bacaan lainnya diharapkan mampu menambah khasanah pengetahuan pembaca serta bisa menambah ilmu karena secara komprehensif buku memuat berbagai hal mulai dari ilmu, aturan, serta etika yang sangat bermanfaat. Kehadiran perpustakaan baca BI Corner sebagai upaya menumbuhkan budaya gemar membaca menjadi solusi yang tepat untuk mencerdaskan Indonesia.

“Orang yang membaca artinya menuntut ilmu dan orang yang menuntut ilmu derajatnya ditingkatkan. Hal ini sungguh memberikan dampak positif,” kata Endang.

Endang menambahkan, salah satu universitas seperti Universitas Dehasen termasuk universitas yang belum begitu aktif dengan BI, untuk itu pihak BI membuka lebar pintu agar bisa memanfaatkan BI untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa baru dan alumni.

“BI corner ditujukan untuk meningkatkan silahturahim antar institusi perbankan dan pendidikan bisa saling bekerjsama,” tukas Endang.
Sementara itu, Ketua Yayasan Dehasen, Dr Bando Amin C Kader mengatakan, tidak mungkin membangun bangsa ini tanpa pendidikan, karena semua pemerintahan dan tata kelola yang baik dan besar selalu dipimpin oleh orang pendidikan. Gemar membaca adalah salah satu upaya meningkatkan pendidikan.

“Bank Indonesia memberikan kontribusi yang luar biasa terhadap pendidikan. Pembangunan Indonesia harus ditingkatkan melalui peningkatan pendidikan,” ujar Bando.

Bando juga mengharapkan, kerjasama ini terus berlanjut dan mampu membina hubungan baik dengan Unived agar mampu bersama-sama membangun Indonesia, khususnya Bengkulu menjadi lebih baik.

“BI maju dan terus sukses. Kami harap kerjasama ini akan mampu membawa kemajuan bagi dunia pendidikan dan membawa kemajuan bagi Bengkulu melalui generasi penerus bangsa yang berpendidikan,” tukas Bando.

Sementara itu, Rektor Universitas Dehasen Bengkulu, Prof Dr Agr Ir Johan Setianto mengatakan, dengan BI Corner mahasiswa dan mahasiswi Unived dapat menambah jumlah koleksi buku dan bermanfaat kepada mahasiswa dan juga dosen yang mengajar.

“Perpustaakaan merupakan jantung di perguruan tinggi dan sangat bermanfaat. Apalagi banyak buku-buku ekonomi yang jelas sangat bermanfaat. Dengan adanya buku-buku ini mahasiswa bisa mengikuti perkembangan dunia,” ujar Johan.

Tidak hanya buku tetapi ada komputer online tentang ekonomi dan perbankan juga bisa di akses. Hal ini dinilai adalah awal kerjasama yang baik untuk Unived dan BI untuk membantu mempercepat kemajuan Bengkulu.

“Kerjasama ini sangat bermanfaat bagi universitas Dehasen dan diharapkan kerjasama ini kedepannya akan membawa banyak dampak positif lainnya,” tukas Johan. (999)