Betapa Sejahteranya PNS Riau

deretan-mobil-pns-riauSelain isak tangis yang mewarnai pidato Gubernur Riau Rusli Zainal (tersangka kasus korupsi suap PON dan izin Hutan Tanaman Industri) pada apel pagi di halaman kantor Gubernur, Senin (11/2/2013), terdapat pemandangan mencengangkan. Diperkirakan, lebih dari 500 mobil memenuhi halaman parkir kantor Gubernur dan di sekeliling kantor orang nomor satu di Riau itu.

Jalan Cut Nyak Din (I, II, III) yang mengelilingi kompleks kantor Gubernur seakan tidak mampu menampung semua mobil itu. Badan jalan nyaris tertutup total. Di Jalan Cut Nyak Din I, bersebelahan dengan gedung baru Bank Riau yang memiliki dua jalur masing-masing selebar sekitar 12 meter, disesaki parkir delapan lapis. Satu jalur diisi empat lapis. Yang disisakan hanya jalan selebar pas untuk satu mobil.

Pemandangan serupa juga terjadi di Jalan Cut Nyak Din II yang bersebelahan dengan Gedung Perpustakaan dan di Jalan Cut Nyak Din III yang berada di belakang gedung kantor Gubernur Riau. Pada saat Rusli Zainal menyampaikan pidato, Jalan Cut Nyak Din dan Jalan Sudirman yang berada di depan kantor Gubernur Riau macet total.

Pengendara yang melewati Jalan Sudirman dan Jalan Cut Nyak Din banyak yang menggerutu melihat banyaknya mobil yang parkir pagi itu. “Banyak sekali orang kaya PNS (pegawai negeri sipil) Riau ini. Dari mana uang mereka membeli semua mobil ini,” kata salah seorang pengendara.

Pemandangan mobil-mobil itu memang seakan mencerminkan kekayaan PNS Pemprov Riau. Sebagian besar mobil yang parkir merupakan keluaran baru, di atas tahun 2010, yang harganya bernilai di atas Rp 100 juta. Tidak sedikit pula mobil-mobil kelas menengah atas, seperti jenis Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, dan Honda New CRV.

Tidak salah kiranya apabila ada yang mengatakan bahwa Riau memang provinsi orang kaya.(**)