Besurek Limura Tetap Pertahankan Kwalitas

SAM_2528Batik kini bukan hanya sekedar pakaian yang dikenakan di waktu-waktu penting. Penggunaan batik kini sudah menjadi tren yang semakin digandrungi oleh masyarakat. Model batik yang didisain bukan hanya untuk acara formal saja, batik juga didesain untuk pakaian semi formal untuk masyarakat.

Batik besurek Adalah kain batik asli Bengkulu yang merupakan element Budaya Bengkulu.   Mengapa namanya disebut kain besurek karena berasal dari kata bersurat ataupun menulis.    Jadi   batik besurek bisa juga diartikan sebagai batik bertulisan. disebut besurek karena pada hakikatnya, motif utama batik besurek adalah huruf kaligrafi.Di beberapa kain, terutama untuk upacara adat, kain ini bertuliskan huruf Arab yang bisa dibaca.

Pembuatan batik Besurek ini sama seperti pembuatan bati-batik pada umumnya. Seperti usaha Batik Besurek Limura yang berada di Jl.S. Parman No.55 RT.09 Rw.03 Padang Jati, Bengkulu.  Usaha milik ibu Rosmani Adjis Ahmad istri dari mantan orang nomor satu di Bengkulu yaitu  Adjis Ahmad, ini mengembangkan usaha batik ini sejak tahun 1996. Suatu usaha yang awalnya  dari bordir dan dikembangkan menjadi penghasil batik bersure.

SAM_2540Pembuatan batik disini selalu  mengutamakan kwalitas bahan batik, yaitu dengan menggunakan bahan seperti Sutra Tui, sanwos, katun paris, katun Dopi. Ini terlihat dari banyaknya pembeli yang datang, termasuk  pejabat-pejabat negara seperti dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, MENDAGRI Gamawan Fauzi, kemudian disainer Adji Notonegoro.

Menurut Citra (25) karyawan Batik Besurek Limura, “kami disini selalu mengutamakan kwalitas  barang, karena itu banyak petinggi pemerintah selalu memesan batik disini. selain itu banyak juga wisatawan yang mampir kesini untuk mencari batik besurek untuk buah tangan. Sekarang yang menjadi ke ndala adalah bahan yang terkadang yang susah dicari dan tenaga ahli pembuat batik itu sendiri”, imbuh Citra.

Sekarang Batik Besurek Limura tidak hanya memproduksi kain tenun, bahan dasar, baju, jilbab,  alas meja, tetapi sekarang juga sudah memproduksi Tas dari bahan batik besurek. Selain  mempertahankan kwalitas bahan, Batik Besurek Limura juga memiliki corak tersendiri dalam batiknya sehingga dapat dibedakan dengan batik-batik besurek yang lain.(mg2)