Besok, Peserta KSM Tiba

Bustasar

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pelaksanaan Kompetensi Sains Madrasah (KSM) tingkat nasional 2018, di Bengkulu, hanya tinggal menghitung hari, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu (Kanwil Kemenag) Bengkulu menyatakan, siap menyambut kedatangan seluruh kontingen KSM dari 34 provinsi se-Indonesia, yang mulai tiba di Bengkulu, besok (23/9).

“Kita mematangkan persiapan termasuk proses penyambutan kontingen yang mulai datang besok Minggu (23/9), diprediksi sekitar 1.500 peserta tiba di Bengkulu, ” ungkap Kepala Kakanwil Kemenag Bengkulu H Bustasar MS MPd didampingi Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Dr Junni Muslimin MA dan Kepala Sub Bagian Inmas, H Rolly Gunawan MHi.

Kedatangan peserta itu dijemput panitia yang telah dibentuk. Begitu turun di Bandara Fatmawati, panitia dengan seragam khusus menyambut tamu dan mengantar rombongan peserta tersebut ke penginapan yang telah disiapkan.
Keesokan harinya, seluruh peserta yang hadir melakukan registrasi dan pembagian perlengkapan yang dipusatkan di Asrama Haji Bengkulu. Sekaligus persiapan pembukaan di beberpa lokasi, seperti MAN 1 Kota Bengkulu, MAN 2 Kota Bengkulu dan asrama Haji Bengkulu, untuk kegiatan KSM, LKTI serta Expo.



Pembukaan KSM sendiri rencananya digelar di Gedung Gunung Bungkuk Serba Guna STQ Bengkulu, pada 28 September 2018. Acaranya direncanakan dibuka Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin didampingi Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah.

“Panitia daerah berupaya bekerja maksimal memberikan pelayanan terbaik pada semua peserta sehingga pelaksanaan KSM berjalan lancar tanpa kendala sesuai rencana. Ratusan panitia terlibat dalam pelaksanaan even nasional tersebut, selain panitia nasional, juga panitia tingkat daerah,” imbuhnya.

Kepala MAN 1 Model Kota Bengkulu Drs H Tamrin menuturkan, ”Sebagai salah satu venue yang ditunjuk, MAN Model telah jauh-jauh hari mempersiapkan diri. Mulai mempercantik madrasah, rehab ruangan pelaksanaan lomba, persiapan sarana dan prasarana, seperti komputer.”

MAN 1 Model menjadi salah satu tempat KSM, nanti kita ekspose kewirausahaan, serta panggung hiburan peserta, untuk para kontingen. Pada pembukaan KSM, ada tiga ratus pelajar yang terlibat, tim drumband yang menjadi andalan madrasah percontohan itu akan menghibur dan pentas didepan menteri agama. (247)