Besok, CJH BU Dilepas

ARGA MAKMUR, BE – Calon jemaah haji (CJH) asal Bengkulu Utara besok akan dilepas langsung oleh Bupati BU Dr Ir HM Imron Rosyadi MM MSi, sebelum bertolak ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji.  Pelepasan CJH yang menjadi agenda rutin tahunan selama pelaksanaan ibadah haji tersebut akan dipusatkan di Masjid Agung Kota Arga Makmur.  Pelepasan CJH tersebut sudah diagendakan oleh pemerintah daerah dan kantor Kementerian Agama Bengkulu Utara.

“Minggu besok agendanya di Masjid Agung untuk pelepasan CJH menuju Bengkulu yang selanjutnya diberangkatkan menuju Embarkasi Padang,” ucap Kepala Kemenag BU, Drs H Mukhlisudin SH MA.

Waktu pelaksanaan pemberangkatkan di jadwalkan pukul 07.30 WIB dari masjid Agung. Para CJH yang akan dilepas diwajibkan datang ke Masjid Agung sekitar pukul 06.00 WIB agar tidak ketinggalan rombongan CJH lainnya yang menuju asrama penginapan haji Kota Bengkulu.  Saat diberangkatkan ke Bengkulu, CJH nantinya akan dibawa menggunakan bis hingga ke asrama haji dan menuju Padang menggunakan pesawat terbang.  “Perlu diingatkan, CJH tidak boleh datang terlambat di Masjid Agung untuk mengikuti pelepasan,” ujarnya.

Berkaitan dengan banyaknya CJH yang sudah berusia lanjut dan memiliki penyakit risiko tinggi.  Pemerintah pusat sudah menyiapkan TPHI yang terdiri dari tenaga dokter spesialis yang berpengalaman dibidangnya masing-masing. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya gangguan penyakit yang diderita oleh CJH selama melaksanakan ibadah haji ditanah suci. Namun yang paling penting kesiapan secara fisik dan mental dari CJH yang paling utama saat menunaikan ibadah haji.  “Kesehatan CJH harus dijaga selama pelaksanaan ibadah haji dan tidak lupa untuk membawa obat-obatan yang biasa dikonsumsi bagi yang memiliki penyakit risiko tinggi,” tandas Mukhlisudin. (212)