Besok, Bupati Kaur Terpilih Ditetapkan

Radius

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Jika tidak ada aral melintang, Jum’at besok (19/2) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaur melakukan rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kaur terpilih. Rapat pleno penetapan Lismidianto-Herlian Muchrim ini akan digelar di Gedung Serba Guna (GSG). Hal ini disampaikan Plt Ketua KPU Kaur, Radius SP kepada BE, Rabu (17/2).

“InsyaAllah kita KPU Kaur akan menggelar rapat pleno penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih besok Jum’at (19/2) di GSG,” kata Radius.

Dikatakan Radius, setelah penetapan ini KPU Kaur akan menyampaikan usulan pelantikan ke DPRD Kaur paling lambat tiga hari setelah penetapan. Lalu proses selanjutnya DPRD akan menyampaikan ke Gubernur dan Mendagri untuk proses pelantikan nantinya. Sebagaimana diketahui, Bupati dan Wakil Kaur periode 2016-2021 akan berakhir masa jabatannya pada 21 Mei mendatang. Sementara pelantikan bupati terpilih bisa satu dua hari sebelum berakhirnya masa jabatan bupati saat ini.

“Masalah jadwal pelantikan bukan kita yang menentukan itu kewenangan Mendagri, kita hanya mengusulkan berdasarkan hasil Pilkada dan juga putusan MK nantinya,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, pada Pilkada 9 Desember 2020 yang lalu, Paslon Lismidianto-Herlian Mucrim yang akrab disapa Bersama Lis dan Heri (Berseri) merah suara terbanyak menyalip paslon Gusril Pausi-Medi Yuliardi (GM). Paslon petahana ini tumbang dengan selisih suara 4,7 persen. Atau suara Berseri 40.792 suara sementara suara GM hanya 37.148 suara atau terjadi selisih suara sebanyak 3.644 suara. (618)