Besok BI Buka Layanan Penukaran Uang

Ilustrasi

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Bengkulu mulai besok 23 Mei 2019, sudah membuka layanan penukaran uang kecil ke masyarakat. Layanan penukaran uang kecil tersebut akan dilakukan di Halaman Rumah Sakit Harapan dan Doa (RSHD) Kota Bengkulu sejak pukul 09.00 WIB hingga 13.30 WIB.

Kepala Tim Sistem Pembayaran KPw BI Bengkulu, Irwan Effendi mengatakan, BI bersama 21 perbankan di Bengkulu kembali membuka layanan penukaran uang tersentralisasi menjelang perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah. Layanan Penukaran uang tersebut akan dimulai sejak 23-29 Mei 2019 berbarengan dengan kegiatan pasar murah yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Bengkulu.

“Pelayanan penukaran uang kecil mulai Rabu 23 Mei, jadi masyarakat yang punya uang dengan denominasi besar mau ditukar yang kecil bisa datang ke RSHD Kota Bengkulu,” ujar Irwan, kemarin (21/5).

Ia mengatakan, kegiatan penukaran uang tunai tidak hanya dilakukan di RSHD Kota Bengkulu. Beberapa kantor Kas titipan BI yang berada di Manna Bengkulu Selatan dan Mukomuko juga ikut melayani penukaran uang kecil. Selain di titik-titik sentra penukaran uang, masyarakat juga bisa melakukan transaksi penukaran uang di kantor-kantor cabang perbankan di Bengkulu. “Masyarakat bisa memilih layanan penukaran dimanapun dan akan tetap dilayani serta tidak dipungut biaya alias gratis,” kata Irwan.

Selain gratis, masyarakat yang ingin menukarkan uang juga cukup membawa KTP dan nanti bisa menukar uang maksimal senilai Rp 3,8 juta. Dengan rincian uang pecahan Rp 20 ribu senilai Rp 2 juta, uang pecahan Rp 10 ribu senilai Rp 1 juta, uang pecahan Rp 5.000 senilai Rp 500 ribu, uang pecahan Rp 2.000 senilai Rp 400 ribu, dan uang pecahan Rp 1.000 senilai Rp 100 ribu.

“Silahkan datang ke layanan penukaran tersebut, tetapi kami anjurkan masyarakat tidak perlu bawa uang cash, cukup bawa rekening bank dan tunjukkan ke petugas yang ada disana, nanti uangnya langsung di tukar otomatis,” tutur Irwan.

Terakhir, BI berharap, dengan adanya layanan penukaran uang kecil bersama ini diharapkan dapat membantu dan memudahkan masyarakat yang membutuhkan uang pecahan kecil menjelang Lebaran. Sehingga bagi masyarakat yang ingin berbagi THR di hari yang fitri, bisa terlaksana dengan baik. “Semoga nanti banyak orang yang melakukan penukaran uang kecil, kita targetkan sekitar 1.050 orang bisa melakukan penukaran uang, jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat hanya sekitar 800 orang,” tutupnya.(999)