Besi Tower Sutett Dicuri

1. Jefryy/Bengkulu Ekspress- Tower Sutet roboh akibat baut dan besi penahan dimaling warga

SUKARAJA, Bengkulu Ekspress– Sebanyak 20 unit besi tower penghubung Saluran Udara Tegangan Ektra Tinggi (Sutet) Desa Padang Kuas, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma, dicuri. Akibatnya tower sutet itu terancam roboh. Polsek Sukaraja menindaklanjuti masalah ini dengan cepat. Tak lama dari waktu pencurian berlangsung tiga orang terduga pelaku pencuri besi SUTET itu berhasil diamankan.

“Terduga pelaku sudah diamankan. Untuk penyidikan lebih lanjut termasuk untuk melakukan pengejaran otak pelaku yang sudah di ketahui,” ujar Kapolres Seluma, AKBP I Nyoman Mertha Dana SIK MM melalui Kapolsek Sukaraja Iptu Noviaska SSos MM kepada Bengkulu Ekspress kemarin (10/1).

Terduga pelaku berinisial F (16), R (17) dan A (16) B (16), semuanya warga pendatang di Padang Kuas. Mereka beraksi melakukan pencurian secara berkelompok. Terduga pelaku yang masih di bawah umur masih dibawa untuk dilakukan pengembangan.



“Empat terduga pelaku yang diamankan sudah mengakui perbuatannya. Uang hasil mencuri itu dipergunakan mereka untuk belanja dan berfoya foya,” sampai Kapolsek.

Kapolres menerangkan, sebelumnya polisi sudah mengetahui robohnya Tower Sutet ini. Dari karyawan Perusahaan PT EIP (Energi Indonesia Persada) selaku pelaksana pembangunan Tower Sutet datang berkoordinasi terkait robohnya tower Sutet itu. Kemudian, Tim Buser beserta tim dari PT EIP langsung melakukan pengecekan kelapangan untuk memastikan penyebab robohnya tower Sutet sekaligus mengamankan empat terindikasi pelaku.

2. Jefryy/Bengkulu Ekspress-Penyidik Reskrim tengah melakukan pemeriksaan saksi dari PT EIP

Dalam penyidikan yang dilakukan tim Buser, sejumlah menara Tower Sutet di kawasan Sukaraja. Bautnya sudah dibuka satu persatu oleh pencuri. Bila hal ini dibiarkan dikhawatirkan SUTET itu bisa roboh.“Kita sudah mengetahui akan robohnya tower ini pada Sabtu (5/1). Hari ini (kemarini, red) Manajer PT EIP Maslikan melaporkan ke Polsek hari ini,”tegasnya.

Dijelaskan, tower sutet ini penghubung dari PLTU Palau Baai, Teluk Sepang, Kampung Bahari, Riak Siabun, Babatan, Talang Alai, Padang Kuas hingga ke Padang Ulak Tanding (PUT). Dengan melewati beberapa desa di kawasan Sukarja. Dalam laporan direncanakan 77 titik tower sutet bakal didirikan hingga ke PUT. “Dalam penyidikan sebagain besar baut pada tower sutet sudah dibuka indikasinya murni pencurian yang dilakukan warga pendatang dari Pagar Alam, Sumatera Selatan, yang berdomisili di Padang Kuas,” tegasnya. (333)