Besi Jembatan Musi II Dicuri

Proyek pembangunan jembatan musi II tahap II di KepahiangKEPAHIANG, BE – Pembangunan jembatan Musi II tahap II yang menelan Rp 18 miliar lebih APBD Kepahiang 2014 kini terkendala. Paalnya, setelah beberapa besi pondasi jembatan ukuran 32 mm produksi krakatau steel (KS) hilang dicuri.
Diduga kawanan pencuri memotong besi 32 dengan panjang 2 meter dan berat sekitar 10 kg tersebut dan lantas membawanya. “Sejak pengerjaan jembatan musi tahap II tahun 2014 ini dilakukan oleh kami, memang beberapa besi 32 untuk pondasi jembatan beberapa diantaranya sudah dalam posisi terpotong dan hilang. Kami menduga ini dicuri, jauh sebelum pengerjaan jembatan tahap II ini dilakukan,” ujar Manager Pelaksana Kontraktor Rodateknindo-Napal Putih Jo pembangunan jembatan Musi II Kepahiang M Arif, kemarin.
Dikatakannya, sebagai antisipasi atas aksi pencurian yang sudah dilakukan terhadap besi jembatan ini, pihaknya akan melakukan pengambungan besi dengan cara dilas. “Nanti untuk menyambung besi yang sudah hilang dicuri ini, kita akan menyambung besinya dengan cara dilas. Karena kalau hanya disambung saja tidak akan kuat,” jelasnya.
Menurutnya, pengerjaan proyek jembatan musi II tahap II sampai dengan saat ini sudah berlangsung sekitar 80 persen. Dengan proyek pengerjaan berupa pembangunan 2 tiang penyanggah jembatan dengan panjang sekitar 135 meter dan lebar 25 meter. Adapun total anggaranya sebesar Rp 18 miliar.
“Total tiang untuk pembangunan jembatan musi II sebanyak 4 tiang. Sebanyak 2 tiang sudah dibangun dalam proyek tahap I lalu dan saat ini menyusul 2 tiang lagi,” terangnya.
Sementara itu, PPTK Proyek Jembatan Musi II, Henri P belum bisa dimintai keteranganya soal banyaknya besi 32 mm pondasi jembatan yang sudah dalam kondisi hilang terpotong saat ini. Adapun dari pengamatan BE, jumlah besi 32 KS yang hilangĀ  pada jembatan musi II ini berjumlah puluhan. Beberapa sisa besi hasil pemotongan juga terlihat berserakan dibadan pondasi jembatan. (505)