Beruang Teror Warga Suka Makmur

PUTRI HIJAU,BE- Beberapa hari terakhir, warga Desa Suka Makmur Kecamatan Putri Hijau dibuat geger dan cemas akibat teror hewan buas jenis Beruang.

Pasalnya di wilayah itu,  satwa itu berkeliaran dan memangsa ternak kambing warga. Saat ini sekitar empat ekor kambing sudah menjadi korban dan ironisnya, hanya mengambil sebagian tubuh hewan itu dan langsung ditinggalkan.

” Warga sudah resah karena khawatir keselamatan mereka terancam akibat satwa liar ( Beruang) yang turun gunung hingga ke perkebunan warga, ” ujar Sekdes Suka Makmur Sutikno SIp.

Informasi yang didapatkan, beberapa warga mengaku melihat langsung hewan itu berkeliaran di lokasi perkebunan warga dan memakan ternak kambing. Beberapa malam lalu, 1 ekor kambing milik Sukiman (55) menjadi korban. Kamis malam kemarin (18/10) giliran kambing milik Nur (56) yang menjadi sasaran mangsa.

” Kemungkinan lebih dari 1 ekor Beruang yang memangsa ternak-ternak warga selama ini, ” paparnya.

Untuk mengatasinya, warga sudah melakukan upaya penangkapan dengan memasang perangkap ditempatkan di lokasi namun tidak membuahkan hasil. Selain itu, warga secara rutin melaksanakan ronda malam dan melaporkan ke pihak berwajib termasuk BKSDA.

Bukan hanya warga desa Suka Makmur yang terancam teror,  Desa Karya Pelita, Air Putih, dan  Desa Pagardin juga mengalami hal yang sama. Pemerintah Kecamatan Putri Hijau mengaku telah melaporkan kasus ini ke bupati dan BKSDA.

” Setidaknya laporan warga bisa ditindak lanjuti oleh BKSDA untuk melakukan pengusiran ataupun penangkapan agar tidak meresahkan warga, ” kata camat Putri Hijau,  Antoni Wijaya AP MAP. (919)