Bertambah 43 Kasus, Covid-19 di Benteng Membludak

Kepala Dinkes Benteng, Ns Gusti Miniarti SKep MH

BENTENG,bengkuluekspress.com – Jumlah kasus warga Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) yang terkonfirmasi positif Covid-19 membludak. Dari rilis Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi, Kamis (8/7) sore, terdapat penambahan sebanyak 43 kasus. Dengan begitu, jumlah kasus warga yang terpapar Covid-19 di Kabupaten Benteng saat ini berjumlah 479 kasus. Dari keseluruhan, 351 berhasil sembuh, 116 menjalani isolasi, 154 suspek dan 12 orang meninggal.
“Penambahan kasus Covid-19 cukup signifikan,” ungkap Kepala Dinkes Benteng, Ns Gusti Miniarti SKep MH.

Menurut Gusti, lonjakan kasus ini memang sudah diprediksi. Hal ini terjadi akibat adanya peningkatan aktivitas masyarakat dan kejenuhan yang dirasakan masyarakat dalam melakansakan protokol kesehatan (Prokes). Seperti mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker dan menghindari kerumunan. Disisi lain, sambung Gusti, masyarakat memang harus beraktivitas demi untuk mempertahankan hidup.
“Penerapan prokes dan aktivitas masyarakat harusnya berjalan bersamaan. Aktivitas sosial tetap bisa dilaksanakan dengan tetap menerapkan Prokes secara sportif dan konsisten. Akan tetapi, inilah kelemahan kita yang kadang-kadang merasa jenuh dan mempengaruhi ketataan mematuhi Prokes,” terang Gusti.

Menyikapi kondisi yang telah terjadi, sambung Gusti, Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinkes Benteng akan lebih giat lagi dalam melakukan upaya pencegahan Selain pro aktif melakukan sosialisasi, tim medis jajaran Dinkes Benteng sedang menggencarkan program vaksinasi Covid-19 kepada semua elemen masyarakat.
“Dengan melakukan vaksinasi, kekebalan tubuh akan meningkat. Jika nantinya terpapar, kecenderungan menderita gejala yang parah lebih kecil dibandingkan dengan masyarakat yang belum disuntik vaksin,” jelas Gusti.

Disisi lain, Gusti menuturkan, pihaknya juga terus melakukan penelusuran terhadap masyarakat yang memiliki kontak erat dengan warga yang terpapar Covid-19. Gusti berharap agar masyarakat dan semua stakeholder serta Satgas Covid-19 agar masif melakukan upaya-upaya pencegahan.
“Sekarang ini, dimana-mana ada masyarakat yang terkena Covid-19. Mari lindungi diri dengan memakai masker dua lapis, sering mencuci tangan dan hindari kerumunan. Bukannya tak sayang keluarga atau anti sosial, tapi kita wajib menyelamatkan diri sendiri dan orang lain,” demikian Gusti.(135)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*