Bermani Coffee Raih Medali Emas di Kejuaran Kopi Internasional

Istimewa/Bengkulu Ekspress
Owners Bermani Coffe, Haris Gunawan saat menerima penghargaan Medali Gold dalam ajang Kejuaraan Kopi Internasional AVPA di Paris

CURUP, Bengkulu Ekspress– Partisipasi Bermani Coffee dalam ajang kejuaraan kopi Internasional Agency for the Valorization of the Agricultural Products (AVPA) di Paris Prancis berbuah manis. Hal tersebut setelah kopi yang berasal dari Kabupaten Rejang Lebong tersebut meraih medali emas (Medal Gold) dengan Kopi Robusta Kategori: puissant amer, powerfull bitter, strenght anda bitterness dominating, hidding other characters.

“Alhamdulillah, meskipun dengan modal keyakinan pada pengolahan pasca panen dan niat untuk memajukan petani kopi di Rejang Lebong, kita memberanikan diri untuk turut serta pada event tersebut,” ujar owners Bermani Coffe, Haris Gunawan saat dikonfirmasi Bengkulu Ekspress, Kamis (17/10)

Dijelaskan Haris, dalam ajang tersebut Bengkulu mengirimkan tiga perwakilannya yaitu Bencoolen Robusta Rejang Lebong yang meraih medali perunggu dan Bencoolen Robusta Kepahiang medali perak. Dengan perolehan 3 award penghargaan gold, perak, perunggu tersebut maka menurut Haris hal ini menunjukkan bahwa kopi robusta asal Kabupaten Rejang Lebong dan Kepahiang menjadi parameter kelas dunia kopi khususnya Robusta.

Hari berharap dengan perlakuan pasca panen kopi yang tepat maka akan menghasilkan kopi yang kualitas dan memiliki nilai tambah ekonomi dan meyakini bisa bersaing dengan kopi-kopi yang sudah ada nama baik di Indonesia maupun internasional.

Pada event ajang Kopi Internasional AVPA 2019 Paris tersebut merupakan ajang bergengsi karena perserta merupakan negara-negara penghasil kopi dari seluruh penjuru dunia. “Dalam ajang AVPA sendiri dari Indonesia cuma ada empat kopi yang meraih medali emas, Robusta Bermani Coffee Rejang Lebong, Robusta Aeki Kenteng Jaya Central of Java, My kopi O Tanggamus Ulubelu Lampung, serta CoffeeHQ Aceh Gayo Avatar Natural,” terang Haris. Penyerahan piagam penghargaan dilakukan langsung oleh Presiden AVPA Philippe Juglar, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Serpong dalam ajang Trade Expo Indonesia 2019.

Lebih lanjut ia berharap, penghargaan yang diraih oleh Bermani Coffee dan Bencolen Cofffe tersebut bisa menginsipirasi petani kopi di seluruh di Provinsi Bengkulu khususnya Rejang Lebong untuk menangani kopi proses perlakuan pasca panen yang sesuai standar sehingga kualitas kopi yang dihasilkan benar-benar baik, sehingga dengan kualitas kopi yang baik, nantinya akan berdampak positif bagi petani kopi sendiri, baik harga kopi ataupun cita rasa kopi.

Melihat potensi kopi Rejang Lebong yang luar bisa jumlahnya dan apabila diolah dengan sistem perlakuan pasca panen maka sedikit banyaknya akan memberikan nilai tambah bagi petani untuk kesejahteraan petani kopi di Kabupaten Rejang Lebong.(251)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*