Berkas Kurang, Parpol Dicoret Tanpa Penambahaan Waktu Pendaftaran

RIO-BACALEG NASDEM (3)
RIO/Bengkulu Ekspress
BACALEG: Pengurus DPW Partai Nasdem Provinsi Bengkulu mendatangi KPU Provinsi Bengkulu untuk mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Provinsi Bengkulu, Senin (16/7).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Komisi Pemilihaan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu memastikan tidak akan melakukan penambahaan waktu pendaftaran, bagi partai politik (parpol) yang ingin mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Provinsi maupun DPR RI. Artinya, hari ini (17/7) pukul 00.00 WIB, menjadi hari terakhir parpol melakukan pendaftaran di KPU. Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra SAg MM mengatakan, dihari terakhir menjadi hari paling rawan bagi parpol yang melakukan pendftaran. Sebab, jika ada berkas yang kurang dan perbaikan lewat pukul 00.00 WIB, maka dipastikan parpol tersebut akan dicoret sebagai peserta pemilu tahun depan.



“Tidak ada penambahan waktu pendaftaran. Jadi kalau sudah lewat pukul 00.00 WIB ada berkas yang kurang, maka sistem akan langsung menolak karena sudah tutup. Artinya tidak bisa lagi mendaftar,” terang Irwan kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (16/7).

Irwan mengatakan, untuk dihari terakhir, banyak parpol yang melakukan pendftaran. Sebab, pada kemarin (16/7) hanya 2 parpol yang telah melakukan pendaftaran, yaitu Partai Nasdem dan Partai Demokra. Lalu hari sebelumnya, baru dua parpol mendaftar, yaitu Partai Golkar dan Partai Perindo. Artinya, ada 12 parpol yang belum melakukan pendaftaran. Diantaranya, Partai Gerindra, PKB, PDIP, PAN, Hanura, PKS, PPP, Garuda, Berkarya, PBB, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan PSI. “Banyak yang belum daftar. Rata-rata jadwalnya di hari terakhir penutupan,” bebernya.

Ketika mendaftar dihari terakhir, maka parpol tersebut harus benar-benar memastikan tidak ada lagi berkas yang belum lengkap. Artinya, jika sudah melakukan pendaftara, maka tidak ada beras lagi yang harus dilakukan perbaikan. Sebab, diwaktu terakhir sangat singkat, jika syarat ada yang belum bisa terpenuhi. “Waktunya singkat. Maka pastikan semua lengkap, sebelum mendaftar,” tambah Irwan.

Sementara itu, Irwan mengatakan, dua parpol yang mendaftar kemarin yaitu Partai Nasdem dan Demokrat belum semuanya diterima. Sebab, untuk Partai Nasdem harus dikembalikan mengingat masih kekurangan syarat dalam berkas pendaftaran. Kekurangan berkas itu berupa dua foto caleg, yang belum dilaporkan dalam aplikasi pencalonan (silon). Lalu untuk Partai Demokrat sudah dinyatakan lengkap dan menerima tanda terima pendaftaran dari KPU. “Untuk Partai Nasdem tadi ada kekurangan syarat. Jadi kita minta untuk melengkapi terlebih dahulu,” ungkapnya.

Kelengkapan itu harus segera disampaikan. Rencananya, lengkapan itu akan disampaikan pada hari ini. “Kalau sduah lengkap, nanti kita akan berikan tanda terima pendaftaran,” tegas Irwan.  Sementara itu, Sekretaris DPW Partai Nasdem Provinsi Bengkulu, Erna Sari Dewi mengatakan, pihaknya akan segera menyaipakan perbaikan. Dipastikan, berkasnya nanti akan diterima oleh KPU. “Segera kita perbaiki. Karena cuma kurang foto,” jelas Erna.

Pada pileg tahun depan, Nasdem mendaftarkan bacaleg untuk memenuhi semua kursi di setiap dapil. Targetnya, setiap dapil bisa mendapatkan 1 kursi. Kemudian untuk bacaleg DPR RI, ada 4 caleg yang didaftarkan.  Diantaranya, Leni John Latief, Wismen Arazak, Anarulita Muchtar dan Michael Ferly. Targetnya, 1 kursi di DPR RI bisa didapatkan.

“Kita ngak muluk untuk target. Yang penting disetiap dapil itu terisi. Termasuk DPR RI, juga opitimis bisa kita dapatkan lagi,” ungkapnya.

Disisi lain, Ketua DPW Partai Demokrat Provinsi Bengkulu, Edison Simbolon mengatakan, Partai Demokrat juga menergetkan 1 kursi disetiap dapil. Termasuk di DPR RI juga ditergetkan 1 kursi bisa didapatkan. “Sekang kita sudah resmi terdaftar. Intinya disetiap dapil, ada keterwakilan dari partai kita. Mudah-mudahaan bisa kita dapatkan,” tandas Edison. (151)