Berkas Emilia Puspita & Babul Diverifikasi

Emilia Puspita dan Babul Hairien saat menyerahkan berkas.

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) telah menerima penyerahan berkas dokumen dukungan calon perseorangan dari Emilia Puspita dan Babul Hairien.

Dokumen dukungan yang diserahkan 23.118 dukungan, dengan sebaran dari 16 kecamatan. Pihak KPU saat ini masih melakukan tahapan verifikasi berkas.

Untuk melakukan verifikasi ini pihak KPU yang dikawali oleh pihak Bawaslu BU dan kepolisian sudah mulai melakukan verifikasi dari Minggu malam (23/2).

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua KPU BU, Roges Mawansyah SE ME saat dikonfirmasi awak media, senin (24/2)”Dari malam tadi kita telah melakukan verifikasi, dan untuk hasilnya kita belum tahu memastikan apa berkas tersebut diterima atau ditolak, karena pemeriksaan berkas masih berlangsung. Kalau tidak hari ini ya kemungkinan besok,” ungkapnya.

Roges menambahkan, bahwa ada 3 tahapan yang dilalui agar lolos sebagai pasangan calon perseorangan. Pertama pemghitungan syarat dukungan, kedua verifikasi administrasi dan terakhir verifikasi faktual. Untuk saat ini pihaknya masih proses 3 tahapan tersebut.

“Dengan dimasukannya dihari terakhir, apabila ada kesalahan, pihak Paslon tidak bisa melakukan perbaikan, karena untuk masa perbaikan tidak ada lagi. Yang jelas dari malam tadi kita telah menghitung jumlah dan sebarannya yang kita sesuaikan dengan B1 KWK dan B2 KWK yang diprint dari Silon KPU. Sesudah penghitungan dilanjutkan dengan verifikasi administrasi sesuai dengan data pendukung dalam bentuk e-KTP atau surat keterangan ke format B1 KWK, setelah itu baru kita verifikasi faktual,” ungkapnya.

Lebih lanjut Roges menuturkan, bahwa pihaknya belum bisa memberikan jawaban atas berkas yang serahkan oleh pasangan Emilia Puspita dan Babul Hairien.

Setelah hasil pemeriksaan keluar maka pihaknya terlebih dahulu akan melaksanakan pleno, untuk keputusannya akan ada dua kemungkinan yaitu ditolak atau diterima/ dan akan disampaikan pada tanggal 26 Februari 2020 mendatang.”Untuk saat ini belum bisa kita pastikan kapan selesainya yang jelas akan kita umumkan pada tanggal 26 Februari apakah diterima atau ditolak,” tuturnya.

Sementara itu, saat ditemui awak media Emilia Puspita dan Babul Hairien menungkapkan, bahwa terkait pemasukan berkas ini pihaknya sudah melakukan verifikasi secara internal dan untuk hasilnya sendiri pihaknya menyerahkan langsung kepada pihak KPU BU.

Namun kedua paslon cabup dan cawabup ini sangat optimis bahwa berkas yang mereka bawa ini akan lolos verifikasi.

“Kalau dibilang optimis ya kita sangat optimis, namun hal ini KPU BU lah yang memastikan lolos tidaknya penyerahan berkas ini. Yang jelas untuk saat ini kami telah menyerahkan berkas sebanyak menyerahkan 23.118 dukungan dengan sebaran dari 16 Kecamatan,” terangnya.

Untuk diketahui Emilia Puspita dan Babul Hairien pasangan Calon Perseorangan mendaftarkan diri ke KPU Kabupaten BU diiringi oleh para pendukungnya dihari terakhir pendaftaran (23/2) pukul 23.12 Wib.

Kedatangann pasangan perseorangan ini disambut langsung oleh Ketua KPU BU Roges Mawansyah SE ME, turut dihadiri Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Siti Baroroh, Ketua Bawaslu BU Titin Sumarni, Kepala Dukcapil BU Drs Waluyo MM.(127)