Berkas Dua Kelompok Replanting Lengkap

TAIS,Bengkulu Ekspress – Hingga Saat ini, baru dua kelompok saja yang sudah dinyatakan lengkap untuk menjalankan program Replanting. Padahal telah disiapkan anggaran sebesar Rp 6,25 miliar untuk program ini.

kapasitas 2.500 hektar lahan. Setiap satu hektar anggarannya sebesar Rp 25 juta.”Sampai saat ini kuota 2.500 hektar belum terpenuhi. Jadi kalau ada petani sawit yang mau ikut program replanting ini silahkan sampaikan usulan melalui kelompok tani dan sejauh ini sudah dua kelompok yang lengkap berkasnya,” ujar Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma Arian Sosial SP MSi kepada BE.

Dua kelompok tani yang telah mendaftar itu dengan jumlah luas lahan yang diusulkan sekitar 800 hektar. Masih sangat jauh dari kuota yang dibutuhkan.”Baru ada dua kelompok tani, dengan luas kebun sekitar 800 hektar,” tegasnya.

Dinas Pertanian sudah melakukan penandatanganan dengan Dirjen Perkebunan Kementrian Pertanian. Untuk membahas kerja sama replanting. Atau peremajaan tanaman sawit milik masyarakat.

“Jadi program replanting itu bentuknya peremajaan. Masyarakat yang sudah punya kebun sawit. Tapi sudah tua dan tidak produksi lagi. Maka bisa dibabat habis dan akan diberikan bantuan untuk menanam sawit yang baru,” tegasnya.

Namun anggaran yang diberikan bukan dalam bentuk uang tunai, tetapi dalam bentuk kegiatan. Mulai dari pembersihan tanaman sawit yang lama. Kemudian pembibitan sawit yang akan ditanam, pemeliharaan sampai kepada pemupukan tanaman.

“Jadi bukan dalam bentuk uang cash, tapi kegiatan persiapan lahan sampai tanam dan pemupukan dengan total dana Rp 25 juta,” pungkasnya. (333)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*