Beri Kelonggaran

satpol pp
Foto : IST

TERKAIT dengan menjamurnya pedagang buah musiman di beberapa titik trotoar yang ada di Kota Curup. Dinas Satpol PP Kabupaten Rejang Lebong mengaku memberikan kelonggaran kepada pedangan musiman tersebut. “Untuk sementara, para pedagang musiman ini kita beri kelonggaran untuk tetap berdagang ditrotoar,” sampai Kepala Dinas Satpol PP Kabupaten Rejang Lebong Rachman Yuzir SE.

Terkait dengan kelonggaran untuk para pedagang buah musiman tersebut, Rachman mengaku pihaknya telah menyampaikan nota dinas ke Bupati Rejang Lebong. Dimana dalam nota dinas tersebut, para pedagang boleh saja menggelar dagangan asalkan tidak mengganggu keindahan kota.

“Mereka boleh berjualan asalkan tidak mengganggu keindahan kota seperti menggunakan terpal,” tegas Rahman.

Lebih lanjut Rachman menjelaskan, bila nanti nota dinas dari Bupati Rejang Lebong tersebut telah turun dan masih ada pedagang yang membandel maka pihaknya akan melakukan penertiban dengan mencopot paksa terpal yang mereka gunakan untuk berdagang.

Tak hanya diminta untuk tidak menggunakan terpal saat berdagang, para pedagang buah musiman juga diminta untuk menyiapkan tempat sampah sementara, sehingga sampah-sampah kulit buah seperti buah duren yang mereka jual tidak menimbulkan masalah baru di Kabupaten Rejang Lebong.

Masih menurut Rachman, diberinya kelonggaran para pedagang buah musiman tersebut, karena menurutnya bila dilakukan penertiban, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong tak memiliki solusi mereka akan ditempatkan dimana.

Namun menurutnya bila nanti pasar kuliner yang ada di Lapangan Setia Negara Curup sudah difungsikan atau sudah diresmikan oleh Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, maka para pedagang buah musiman tersebut bisa ditertibkan dan dialihkan ke Lapangan Setia Negara.

“Kelonggaran ini kita beri sampai pasar kuliner di Lapangan Setia Negara diresmikan, bila nanti sudah diresmikan maka akan kita tertibkan dan kita pindahkan ke pasar kuliner sebagai solusinya,”demikian Rachman.

Untuk diketahui, seiring dengan masuknya musim buah durian, duku dan cempedak, saat banyak bermunculan pedagang musiman di Kabupaten Rejang Lebong khususnya di Kota Curup. Pedagang musiman yang mulai menggelar dagangannya sejak siang hari banyak ditemukan dikawasan Jalan Merdeka Kota Curup khususnya dikawasan depan GOR Curup.(251)