Berharap Dibangun SMA

large-sekolah-01
Foto :Ist

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Masyarakat di wilayah Kecamatan Pondok Suguh, khususnya di desa eks transmigrasi berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu segera membangun gedung SMA maupun SMK. Pasalnya, jarak lokasi sekolah tersebut cukup jauh dari wilayah tempat tinggal. Masyarakat tersebut berasal dari Desa Bumi Mekar Jaya, Air Hitam, Sinar Laut dan Teluk Bakung Kecamatan Pondok Suguh.

“Empat desa ini sangat membutuhkan adanya SMA atau SMK. Karena sekolah yang ada, jaraknya jauh. Untuk menopang kedepannya, di desa itu sudah ada SMP dan MTs,” ungkap Camat Pondok Suguh, Abdul Hadi.

Keberadaan SMA akan membantu memudahkan pelajar lulusan SMP dan MTs di wilayah itu melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Karena mereka tidak perlu lagi menempuh jarak yang jauh dan bisa cepat tiba di rumah seusai pulang dari sekolah.

”Jarak tempuh untuk sekolah yang lebih dekat juga membantu untuk menghilangkan kekhawatiran orang tua dari para pelajar. Selain itu, masyarakat juga telah menghibahkan lahan untuk pembangunan sekolah yang diminta tersebut,”ungkapnya.

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah menginstruksikan Dispendikbud Provinsi Bengkulu menindaklanjuti. Menurutnya, tidak ada lagi alasan bagi Dispendikbud untuk tidak mendorong terwujudnya pendirian dan pembangunan sekolah.

Terlebih lagi sudah tersedia lahan dari masyarakat dan proposal sudah disampaikan. Target Pemprov, kata Gubernur, setiap tahun bisa memfasilitasi berdirinya unit sekolah baru (USB) minimal dua sampai tiga sekolah. Baik itu, SMA maupun SMK.

“Minimal satu kecamatan ada satu SMA/SMK, pemprov melalui Dispendikbud akan mendorong pembangunan sekolah tersebut, salah satunya di Pondok Suguh,”demikian Gubernur.(900)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*