Bergurau Soal Selebrasi Sujud, Lineker Minta Maaf

Cisse (Pemain Newcastel) kerap melakukan selebrasi sujud syukur

Legenda hidup Inggris yang kini menjadi komentator televisi, Gary Lineker, mengeluarkan pernyataan yang terkesan menghina umat Islam. Mantan penyerang Tottenham Hotspur itu menyebut selebrasi sujud yang dilakukan pemain muslim sebagai gerakan “memakan rumput”.

Komentar itu terlontar dari mulut Lineker saat menanggapi selebrasi sujud yang dilakukan pemain muslim ketika dirinya menjadi pembawa acara program The Match Of The Day Al Jazeera TV.

Lineker, yang kini berusia 51 tahun itu rupanya tidak menyadari apa yang dikatakannya dan sejatinya hanya bermaksud bergurau saat melihat rekaman pertandingan Liga Champions antara Schalke kontra Montpellier.

Saat membahas gol yang dicetak pemain Montpellier, Lineker mengeluarkan pendapat yang sontak menjadi perbincangan di dunia maya.

‚ÄúTendangan luar biasa dari Karim Ait-Fana, yang mencetak gol dari luar kotak penalti dan kemudian memakan rumput.”

“Komentar Lineker tentang muslim sangat bodoh,” demikian tanggapan salah satu penonton lewat Twitter.

“Saya berangkat ke mesjid tiap Jumat untuk salat dan berdoa. Atau “memakan rumput” seperti yang Gary Lineker katakan,” komentar lainnya.

Namun, Lineker mengungkapkan dirinya tidak tahu jika itu pemain yang melakukan itu seorang muslim yang merayakan gol dengan sujud syukur.

“Saya meminta maaf. Tapi, saya tidak tahu agama semua pemain,” ujarnya.

Penulis: The Sun/ Yusuf Abdillah