Beredar Formasi CPNS Palsu

cpnsBENGKULU, Bengkulu Ekspress – Masyarakat Bengkulu selama libur lebaran ini dihebohkan dengan beredarnya formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk setiap kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu.

Formasi yang beredar melalui pesan WhatsApp itu cukup menyedot perhatian. Karena sebelumnya pihak KemenPAN telah menginformasikan bahwa formasi CPNS akan turun sekitar Mei 2018 ini.
Namun, setelah ditelusuri, formasi CPNS yang mengatas-namakan berasal Menpan RB itu ternyata hoaks alias palsu.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Ir Diah Irianti MSi mengatakan, laporan penetapaan e-formasi tenaga honorer, pegawai tidak tetap, pegawai tetap non-PNS dan tenaga kontrak serta formasi CPNS tahun 2016-2019 itu bukan dari Kemenpan-RB. Sehingga dipastikan itu hoaks.

“Itu sudah kita dapatkan 2 bulan lalu. Ngak benar itu, kita pastikan hoaks,” ujar Diah kepada Bengkulu Ekspress , kemarin (19/6).

Dijelaskannya, hingga saat ini, Kemenpan RB belum menetapkan formasi CPNS tahun 2018. Sebelumnya direncanakan akan diumumkan pada akhir bulan Mei. Ternyata jadwal tersebut molor lantaran belum selesainya verifikasi usulan CPNS dari masing-masing daerah di Indonesia.

“Jadwal pengumumannya akhir Mei, tapi batal. Jadi sekarang kita masih menunggu kapan pengumuman resminya,” tambahnya.

Terkait banyaknya informasi CPNS di media sosial (medsos), masyarakat diminta untuk tidak langsung percaya. Informasi yang diterima harus dicek kembali kebenarannya sehingga tidak menumbulkan keraguaan.

“Jadi, jangan mudah percaya. Itu bukan resmi dari pemerintah pusat. Dicek ulang, biar tidak ragu,” papar Diah.

Menurutnya, meski jadwal molor, kuota CPNS itu tetap akan disampaikan dalam waktu dekat ini. Sebab, hingga saat ini perubahaan jadwal perekrutan CPNS belum mengalami perubahaan. Seperti pelaksanaan seleksi CPNS akan dilakukan pada bulan Juli sampai September 2018. Kemudian pengumuman kelulusan CPNS ditargetkan pada bulan Agustus sampai bulan September mendatang. Lalu dilanjutkan dengan pemberkasan oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) pada Oktober 2018.

“Jadwal-jadwal lain belum ada perubahaan. Kita tunggu saja dalam waktu dekat ini, mudah-mudahan keluar cepat,” tutur Diah.

Sebelumnya, lanjut Diah, pemprov Bengkulu telah mengusulkan kuota CPNS sebanyak 683 orang. Terbagi formasi guru 637 orang dan formasi tenaga kesehatan serta tenaga teknis sebanyak 46 orang.

Menurutnya, usulan 3 formasi itu memang dibutuhkan. Apalagi guru, yang masih banyak kekurangan di Bengkulu.

“Guru memang paling banyak kurang. Di samping itu ada tenaga kesehatan dan tenaga teknis,” pungkasnya. (151)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*