Berdayakan Tuna Netra

REWA/Bengkulu Ekspress
Kabid pemberdayaan Sosial, Dra Efrilda Iriani saat meresmikan Panti Pijat di Kantor Dinsos Provinsi Bengkulu, kemarin (11/1).

Dinsos Buka Panti Pijat

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Bengkulu bersama Lembaga Koodinasi Kesejahteraan Sosial (LK2S) membuka panti pijat. Panti pijat ini dibuka dengan memberdayakan sebanyak 11 orang tuna netra yang ada di Bengkulu.

Kadinsos Provinsi Bengkulu, Drs Iskandar ZO melalui Kabid pemberdayaan Sosial, Dra Efrilda Iriani mengatakan, selama ini banyak tuna netra di Bengkulu belum diberdayakan secara maksimal, beberapa diantaranya ada yang menjadi pengemis di perempatan jalan protokol Kota Bengkulu.

Melihat hal tersebut, Dinsos bekerjasama dengan Kementerian Sosial RI, memberdayakan puluhan tuna netra di Bengkulu untuk menjadi tukang pijit professional. “Kita berdayakan 11 tuna netra agar bisa mandiri dengan menjadi tukang pijit professional,” kata Efrilda, usai meresmikan Panti Pijat di Kantor Dinsos Provinsi Bengkulu, kemarin (11/1).

Setelah belasan tuna netra tersebut diberdayakan menjadi tukang pijit professional. Mereka kemudian diberikan sebuah tempat khusus di Kantor Dinsos Provinsi Bengkulu untuk melayani masyarakat yang membutuhkan jasa pijat. “Meskipun ini jasa pijat, tapi bukan pijat plus-plus ya, khusus pijat untuk melemaskan urat yang kencang atau terkilir serta lelah habis bekerja dan beraktivitas,” ujar Efrilda.

Bahkan selain menyediakan tempat khusus bagi para tukang pijit professional ini, pihaknya juga membantu mencarikan orderan. Baik melalui kerjasama dengan pihak hotel dan retoran maupun melalui media sosial. “Bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa pijit, bisa langsung menghubungi Dinsos Provinsi Bengkulu atau LK2S,” tutur Efrilda.

Sementara itu, Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial Provinsi Bengkulu, H Ir Arnof Wardin MSi mengaku, untuk pemesanan pijat bisa menghubungi Pokja, Ibu Ratna di nomor 081273645155. Bahkan layanan pijat ini bisa dilakukan di maupun. Dimana Dinsos telah menyiapkan armada antar jemput ke lokasi.

“Ada motor dinas dan tenaga pengantar yang disiapkan untuk melayani pemesanan pijat ke rumah-rumah pelanggan, motor dinas ini bantuan dari Gubernur Bengkulu dan BBMnya disiapkan dari Dinsos,” tutupnya.(999)