Berdayakan Peran Karang Taruna

MUKOMUKO, BE – Karang Taruna merupakan salah satu potensi kesejahteraan sosial di masyarakat. Untuk itu pemberdayaannya di masyarakat perlu dilakukan mengingat saat ini banyak karang taruna yang “mati suri”. Karang taruna merupakan rekanan dari seluruh aspek yang ada di masyarakat, terutama aspek sosial, sehingga eksistensi suatu karang taruna perlu dibentuk.”Jika karang taruna telah diberdayakan maka akan tercipta kemandirian dari karang taruna tersebut,” kata Plh Kadis Sosnakertrans H Mulyadi M. SPd di dampingi Kabid Sosial Suyoso.

Berbagai cara bisa dilakukan untuk meberdayakan karang taruna, seperti Usaha Ekonomi Produktif (UEP). Hanya saja yang disayangkan saat ini hanya beberapa karang taruna saja di kabupaten iniini yang memiliki UEP sehingga geliat organisasi ini kurang terlihat. “Kurangnya dukungan dari berbagai pihak terkait untuk kemajuan karang taruna juga menyebabkan kurangnya pemberdayaan terhadap karang taruna itu sendiri. Bahkan terkadang para Kades pun tidak mendukung karang taruna yang ada di desanya,” paparnya.

Kedepannya diharapkan berbagai pihak dapat memberdayakan karang taruna yang ada sehingga tercipta kemandirian. Dalam waktu dekat ini, rencananya  Dinsosnakertrans akan memberikan dana bantuan UEP untuk karang taruna kabupaten dan kecamatan yang sedang dalam proses pengusulan pencairan. (900)