Berantas Narkoba, BNNP Berdayakan Masyarakat

Foto Bersama Kepala BNN dan Peserta Desiminasi Informasi P4GN (1)
REWA/Bengkulu Ekspress
Kepala BNN Provinsi Bengkulu, Brigjen Pol Nugroho Aji foto bersama Peserta Desiminasi Informasi P4GN, kemarin (25/7).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Bengkulu memberdayakan masyarakat Kecamatan Ratu Samban dan Teluk Segara Kota Bengkulu untuk aktif memberantas peredaran narkoba di Bengkulu. Kepala BNN Provinsi Bengkulu, Brigjen Pol Nugroho Aji mengaku, konsepsi pemberdayaan masyarakat anti narkoba, diantaranya sebagai upaya memobilisasi seluruh sumberdaya yang ada untuk meningkatkan keberdayaan masyarakat dalam penanganan narkoba yang meliputi aspek pencegahan, rehabilitasi dan pemberantasan.

“Guna menyelamatkan anak bangsa, diperlukan keterlibatan komponen masyarakat dan LSM dengan cara sosialisasi, advokasi dan desiminasi informasi. Ini merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan, rehabilitasi dan pemberantasan narkoba,” ujar Nugroho dalam acara Diseminasi Informasi P4GN Pemanfaatan Media Konvensional Kepada Masyarakat Kecamatan Ratu Samban dan Kecamatan Teluk Segara di Madeline Hotel, kemarin (25/7).

Menurutnya, pemberdayaan masyarakat anti narkoba dapat dilakukan dengan berbagai cara. Diantaranya, melatih masyarakat sebagai kader anti narkoba, warga/kader merekrut dan melatih warga lainnya di satu lingkungan, dan melakukan desiminasi informasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di lingkungan masyarakat, lingkungan kerja dan lingkungan pendidikan.



“Upaya ini sudah kita lakukan masyarakat. Ini bertujuan agar mereka bisa menyampaikan edukasi tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di lingkungan atau sesama mereka,” lanjut Nugroho.

Menurutnya, masyarakat merupakan perpanjangan tangan dari BNN, tentunya diharapkan mampu menyampaikan pesan ke lingkungannya. “Kegiatan ini tidak hanya sekedar seremonial belaka, namun akan dipantau terus apakah masyarakat sudah menyampaikan kalimat atau ajakan di lingkungan mereka untuk tidak mencoba, mengenal, apalagi memakai atau mengguna narkoba,” tukas Nugroho.

Sementara itu, Camat Teluk Segara, Drs Ikhwan Nova MSi mengatakan, sangat mendukung program yang dilakukan oleh BNN dalam upaya pencegahan peredaran narkoba melalui masyarakat ini. Tetapi pihaknya juga berharap kegiatan ini tidak hanya sebatas pimpinan yang ada di kecamatan, tetapi bisa juga dilakukan di kelurahan. “Kami berharap kegiatan ini tidak hanya sebatas seremonial saja, tetapi BNN juga bisa turun ke Kelurahan dan mensosialisasikan bahaya narkoba ke Masyarakat,” tutup Ikhwan.(999)