Bentuk Kampung Donor Darah

Foto : Ist

CURUP, Bengkulu Ekspress – Ketua PMI Rejang Lebong, Hendra Wahyudiansyah SH mengungkapkan saat ini PMI Rejang Lebong tengah membentuk kampung donor darah. Dimana menurutnya desa yang akan dijadikan kampung donor darah tersebut yaitu Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang. “Saat ini ini kita tengah membentuk kampung donor darah yaitu di Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang,” sampai Hendra.

Dijelaskan Hendra, Desa Sumber Urip dijadikan PMI Rejang Lebong sebagai kampung donor darah, lantaran di desa yang berada dilereng Gunung Api Kaba atau Bukit kaba tersebut sudah ada ratusan warganya yang menjadi pendonor aktif fi PMI Rejang Lebong.

Menurut Hendra, hingga saat ini memang baru Desa Sumber Urip yang mereka jadikan sebagai kampung donor darah, namun kedepannya mereka akan terus membentuk kampung donor darah lain di Kabupaten Rejang Lebong. Bahkan menurutnya saat ini sudah ada dua desa yang tengah dalam persiapan untuk pembentukan kampung donor darah.



“Selain Desa Sumber Urip yang sudah kita tetapkan sebagai kampung donor darah, saat ini kita juga tengah menyiapkan dua desa lainnya untuk kita jadikan kampung donor darah juga,” tambahnya.

Dua desa yang tengah disiapkan untuk menyusul Desa Sumber Urip sebagai kampung donor darah yaitu Desa Kali Padang dan Kelurahan Simpang Nangka yang juga ada di Kecamatan Selupu Rejang. Lebih lanjut Hendra menjelaskan, pembentukan kampung donor darah ini nantinya bisa membantu PMI Rejang Lebong untuk memenuhi kebutuhan akan darah di Rejang Lebong khususnya yang bersifat mendadak. Karena menurut Hendra dengan dibentuknya kampung donor darah ini, mereka bisa mengetahui golongan darah kemudian juga mengetahui apakah mereka sudah layak mengikuti donor atau belumnya.

“Dengan adanya kampung donor darah ini, kita akan mengetahui data golongan darah masyarakat, sehingga mempermudah kita saat membutuhkan darah,” terang Hendra.

Selain itu, menurut Hendra, keberadaan kampung donor darah ini juga bisa membantu PMI Rejang Lebong dalam mensosialisasikan pentingnya donor darah bagi masyarakat. Salah satu manfaat donor darah bagi pendonor adalah bisa menstabilkan zat besi yang ada ditubuh pendonor, karena zat besi akan keluar bersama darah yang diambil sehingga akan berdampak pada kesehatan si pendonor itu sendiri.

Disisi lain, Hendra juga mengungkapkan saat ini PMI Rejang Lebong terkendala dengan terbatasnya bank darah yang ada di PMI Rejang Lebong. Karena menurut Hendra bank darah yang dimiliki PMI Rejang Lebong hanya memiliki kapasitas 100 kantong darah saja. Kapasitas tersebut menurutnya tentu saja tak sesuai dengan kebutuhan darah di Kabupaten Rejang Lebong, dimana menurutnya dalam satu bulannya, kebutuhan darah di RSUD Curup mencapai 350 hingga 400 kantong darah. “Kebutuhan kita di PMI saat ini yaitu bank darah dengan kapasitas banyak, karena yang ada saat ini hanya berkapasitas 100 kantong darah, sedangkan kebutuhan darah kita di Rejang Lebong ini dalam satu bulannya mencapai 400 kantong darah,” demikian Hendra.(251)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*