Bentiring Pusat Pertumbuhan Baru

RUDI - Dinas PU Kota Bengkulu terus mematangkan rencana pembangunan Kantor Walikota. Dibangun 5 lantai, kantor tersebut direncanakan akan menjadi ikon komplek perkantoran Bentiring (2)
BENGKULU, BE – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bengkulu, Ir H Darmawansyah MT, mengatakan, Kelurahan Bentiring diproyeksikan sebagai pusat pertumbuhan baru di Kota Bengkulu.  Pasalnya, selain telah lama dirintis sebagai pusat pendidikan, kawasan ini juga diproyeksikan sebagai kawasan kompleks perkantoran Pemerintahan Kota Bengkulu.
Pada tahun ini, Dinas PU Kota Bengkulu telah mengucurkan dana puluhan miliar untuk pembangunan 4 gedung pemerintahan. Sementara, pada tahun 2015, Universitas Bengkulu akan mengalami pengembangan sarana dan prasarana dengan nilai proyek sebesar Rp 86,60 miliar.
“Ini juga akan menjadi berkah bagi daerah di sekitar Bentiring. Banyak nilai investasi yang menanjak tinggi setelah adanya kompleks perkantoran yang kita bangun di kawasan Bentiring ini,” kata Darmawansyah, kemarin.
Dia menjelaskan, paling lambat pada tahun 2016, pihaknya akan membangun 2 bangunan mercusuar yang dengan kebutuhan anggaran lebih dari Rp 40 miliar. Bangunan tersebut diperuntukkan sebagai Kantor Walikota dan masjid yang akan dibangun di lahan seluas 23,5 hektare yang terletak persis di belakang Kantor KPU Kota Bengkulu saat ini.
“Kemarin kita sudah meminta agar konsultan perencana mempresentasikan DED (Detail Engineering Design) pengerjaan pematangan lahan secara keseluruhan, belum termasuk pembangunan jalan dan drainasenya,” paparnya.
Guna mematangkan rancana ini, ia berharap agar Dinas Pendapatan, Pengelola Keuangan dan Aset (DPPKA) Kota Bengkulu serta Bagian Pemerintahan Setda Kota dapat mengusulkan anggaran ganti rugi terhadap lahan-lahan warga yang masih belum dibebaskan.
“Masih terdapat lahan-lahan warga yang belum kita bebaskan di tanah tempat kita akan membangun masjid. Termasuk beberapa warga masih ada yang mengklaim memiliki banyak tanah di sini,” ungkapnya.
Belum cukup disitu, Pemerintah Kota juga akan membangun gedung DPRD Kota Bengkulu yang baru. Sementara gedung DPRD Kota yang lama akan dijadikan sebagai ruang rapat Bappeda. Pembangunan dapat dilaksanakan sekaligus melalui penganggaran multiyears ataupun dibangun secara bertahap dengan menggunakan dana APBD.
Sebelumnya, Pemerintah Kota telah merintis pengembangan kawasan Bentiring dengan menghotmik jalan-jalan lokal. Sejumlah perumahan telah dibangun di kawasan ini untuk menyambut pertumbuhan ekonomi kawasan Bentiring ke depan. (009)