Benteng Usulkan 300 Formasi CPNS

=Foto : Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi, M Ario Nurvansyah SH

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) telah menyampaikan usulan formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019.Dari hasil analisa kebutuhan pegawai, BKPSDM Kabupaten Benteng telah menyampaikan usulan CPNS ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN dan RB) Republik Indonesia (RI) dengan jumlah sebanyak 300 orang.

“Usulan formasi CPNS yang diusulkan tahun ini adalah sebanyak 300 orang,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKPSDM Kabupaten Benteng, Apileslipi SKom MSi melalui Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi, M Ario Nurvansyah SH, kemarin (11/6).

Sesuai dengan petunjuk pusat, usulan CPNS ini mempertimbangkan jumlah kuota yang belum terisi pada formasi CPNS tahun sebelumnya.”Dari hasil koordinasi dengan pusat, kuota CPNS jalur umum sebanyak 30 persen dari kuota CPNS tahun lalu. Kuota yang belum terisi pada seleksi CPNS sebelumnya akan dibuka kembali,” papar Ario.

Selain CPNS jalur umum, lanjut Ario, usulan CPNS akan didominasi untuk peserta seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) sebanyak 70 persen dari total kuota yang diusulkan.Khusus untuk jalur P3K, peserta bisa saja berasal dari tenaga honorer K2, guru bantu daerah (GBD) atau para penyuluh pertanian lapangan (PPL).



“Meskipun belum mendapat petunjuk resmi, peserta untuk jalur P3K harus memiliki jenjang pendidikan minimal strata 1 (S1) alias sarjana. Sedangkan untuk usia dibatasi maksimal 40 tahun,” demikian Ario.

Diiketahui, pada seleksi CPNS tahun 2018 lalu, Kabupaten Benteng mendapat jatah kuota CPNS sebanyak 168 orang yang didominasi oleh tenaga pendidikan dan tenaga medis. Dari banyaknya kuota CPNS tersebut, formasi untuk dokter spesialis sepi peminat.(135)