Benteng Peninggalan Inggris Dipugar

Inilah sisa bangunan cagar budaya benteng anna terletak di Kelurahan Koto Jaya

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Benteng peninggalan Inggris yang dikenal dengan Benteng Anna. Selain, akan dilakukan pembangunan fisik untuk memiminalisir benteng tersebut tergerus dan terjun ke Sungai Selagan.

Di area lokasi tersebut direncanakan juga akan dipugar. “Khusus pemugaran akan dilakukan pihak Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Drs H Ruslan MPd ketika dikonfirmasi Bengkulu Ekspress.

Dijelaskannya, Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi melakukan pemugaran benteng peninggalan Inggris di daerah ini guna meletakkan kembali dasar awal bangunan benteng Anna tersebut.

Pihak BPCB Jambi memiliki profil benteng Anna tersebut dan mereka juga sudah menyimpan struktur bangunan yang tinggal sisa tersebut untuk selanjutnya mereka susun kembali.

“Meskipun bangunan benteng Anna tersebut hanya tinggal sisa – sisa dan belum lama ini satu tiang bangunan tersebut masuk ke sungai, karena ini merupakan cagar budaya, maka harus dijaga keasliannya dan tetap diperhatikan,” katanya.

Pemkab Mukomuko melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, sangat mendukung pihak Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi yang akan melakukan pemugaran benteng yang berada di sepanjang pinggir Sungai Selagan di daerah ini tepatnya di Kelurahan Koto Jaya.

“Meskipun hanya tinggal sisa – sisanya saja. Kami berharap masyarakat tetap bersama ikut serta menjaga keberadaan benteng peninggalan Inggris tersebut yang ditetapkan sebagai salah satu situs cagar budaya yang ada di daerah ini,” ungkapnya. (900)