Benteng Miliki 29 Objek Wisata

BENTENG, BE –  Ternyata di Kabupaten Benteng terdapat banyak objek wisata dan benda peninggalan bersejarah. Lokasinya tersebar diberbagai desa dan kecamatan. Berdasarkan catatan dari Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika dan Pariwisata (Dishubkominfopar) Benteng, jumlah objek wisata dan peninggalan sejarah itu mencapai 29 macam. Hanya saja, saat ini belum tergarap secara maksimal.
Dikatakan Budiman, Dishubkominfopar,” Kita mengharapkan  masyarakat tetap mendukung pembangunan objek wisata ini, sehingga objek wisata ini dapat terkenal secara lokal, nasionak bahkan internasional,” pungkasnya.
Objek wisata itu antara lain, Air Terjun Embun, Makam Putri Darah Putih dan Danau Cindang, Air Terjun Datar Lebar, Dam Lubuk Serigo, Puncak Liku Sembilan, Air Terjun Peh, Kolam Renang Belanda, Benteng Coa Sako, Prasasti Batu Jung dan makam Raja Gogok. Ada juga Ritual Lonjok dan Benteng Belanda, Air Terjun Penembangan dan Air Terjun Bio Tik Siang.
Kedepan Dinas Pariwasata melakukan pengembangan dan peningkatan kualitas  29 objek wisata dan peninggalan  bersejarah tersebut. Namun, hal itu dilakukan secara bertahap. Sebab keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh Pemkab Benteng. Sejauh ini Dinas Pariwisata tengah melobi investor untuk menanamkan modal guna pengembangan objek wisata tersebut. Tujuannya agar benda bersejarah yang kondisinya saat ini tidak terawat itu bisa dibenahi.  (111)