Benteng Linau Diusulkan Cagar Nasional

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Kabupaten Kaur Sri Rahayu SPd

BINTUHAN,BE – Untuk melestarikan adat istiadat yang ada di Kabupaten Kaur. Salah satunya dengan mengusulkan agar cagar budaya yang ada dapat diregister dan mendapat perlindungan sebagai cagar budaya. Tahun ini Dinas Pendidikan (Dispendik) mengusulkan Warisan Budaya tak Benda (WBTB) Kaur, yakni Sarapal Anam menjadi cagar budaya nasional. Hasilnya budaya asli kaur itu sudah diterima dan diakui, serta dipatenkan sebagai budaya Kaur pada 2020 ini.

“Tahun ini ada satu WBTB yang sudah diregister dan sudah diterima. Selaian ini, tahun sebelumnya juga sudah dilakukan WBTB lain, yakni tahun 2018 budaya Gusitan. Pada 2019 betadut, beringit hingga melemang pada adat perkawinan suku besemah juga sudah diregister duluan,” kata Kepala Dispendik Kaur Endy Yurizal SP melalui Kabid Kebudayaan Sri Rahayu SPd Jumat (20/11).

Dikatakan Sri, beberapa cagar budaya yang sudah dilindungi dan sudah diregister. Yakni, untuk tingkat Kabupaten ada beberapa item Jil Muara Sahung di Kecamatan Muara Sahung, Rumah AK Geni di Kecamatan Muara Sahung, Situs Batu Empat di Naga Rantai dan kediaman Pangeran Cungkai di Desa Bakal Makmur Kecamatan Maje. Sementara untuk Benteng Linau di Desa Benteng Harapan sudah teregister di Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi.

“Untuk Benteng Linau kita sudah sampaikan usulan menjadi cagar budaya nasional. Harapan kita dalam waktu dekat ada penelitian agar benteng ini dapat menjadi cagar budaya nasional,” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk mendapat persetujuan sebagai cagar budaya nasional perlu dilakukan penelitian oleh para ahli. Tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Begitu juga dengan empat cagar budaya Kabupaten yang ada saat ini pihaknya juga sudah mengusulkan kep Balai Pelestarian cagar Budaya Jambi. Namun, kembali terkendala terkait dengan penelitian dan tentunya membutuhkan anggaran.

“Untuk dapat disetujui menjadi cagar budaya balai hingga nasional tentunya membutuhkan waktu penelitian para ahli dan kemudian disimpulkan nantinya,” tandasnya.(618)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*