Benteng Anna Dibangun Pagar

dipasang
MUKOMUKO, BE –  Benteng Anna yang merupakan salah satu cagar budaya yang ada di Kabupaten Mukomuko, mulai mendapatkan perhatian pemerintah setempat. Yakni, di tahun 2016 ini lokasi cagar budaya  itu akan dipagar. Hal ini  bertujuan untuk mencegah masuknya hewan ternak di lokasi tersebut.
“Dilokasi Benteng Anna  tahun ini akan dipagar,” kata Kepala Bidang Kebudayaan  Dispendikbud Kabupaten Mukomuko, Yulia Reni dikonfirmasi Bengkulu Ekspress.
Setidaknya, ada  beberapa titik yang akan dipagar, yaitu sisi kiri dan kanan serta depan. Sedangkan untuk bagian belakang kemungkinan besar tidak dipagar. Dikarenakan nyaris habis tergerus abrasi sungai.
“Khusus untuk bagian belakang lokasi benteng itu  minimal harus dibangun pelapis tebing atau sejenisnya untuk mencegah gerusan abrasi yang semakin parah. Dan telah diusulkan ke pihak – pihak terkait,” katanya.
Meskipun anggaran telah diplotkan di APBD murni tahun ini sekitar seratus juta lebih itu, lanjutnya, untuk gambar ataupun sket pembangunan pagar cagar budaya itu akan dikoordinasikan  lebih lanjut ke pihak Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi  Jambi untuk mengetahui desain pagar tersebut.
“Pemagaran  tersebut tidak sembarangan dibangun, tetapi harus mengikuti desain,” lanjutnya. (900)